Rabu, 27 Maret 2024

MA Tahfidh Al-Amien Prenduan Laksanakan AMBK 2024 di Ramadhan

 


Khabaruna, Prenduan - MA Tahfidh Al-Amien Prenduan kembali melaksanakan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) sebagai bagian dari rangkaian penilaian terhadap santri kelas Akhir.

Pelaksanaan AMBK ini dilaksanakan dalam waktu 4 hari selain hari Jum'at dari tanggal 26-30 Maret 2024 bertepatan dengan tanggal 15-19 Ramadhan 1445 H. Pelaksanaan AMBK ini dilaksanakan pada saat santri yg lain melaksanakan liburan Ramadhan.

Adapun untuk pelaksaannya, santri dibagi ke dalam tiga ruang lab komputer yang ada di lingkungan Ma'had Tahfdih Al-Qur'an, 1 ruang lab di Putra dan 2 ruang lab di Putri.

AMBK ini awal mulanya dilaksanakan menggantikan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang dulunya berbasis kertas dan kemudian dirubah menjadi berbasis komputer seiring dengan perkembangan waktu situasi dan kondisi.

Akan tetapi akhirnya Ujian Nasional secara resmi dihapus oleh Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan di masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Untuk MA Tahfidh Al-Amien Prenduan kelulusan santri tidak hanya dilihat dari nilai mata pelajaran yang ada di kelas semata, melainkan mereka diwajibkan menyelesaikan hafalan Al-Qur'an 30 Juz.

Tidak hanya hafal secara pengakuan saja, melainkan santri akan diuji melalui berbagai jenis ujian Al-Qur'an, mulai dari menyetor hafalan kepada guru harian (muhaffidh), mursyid (guru yang menerima setoran secara terjadwal), guru penguji ketika Ujian Mid Semester/Semester, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar