Rabu, 17 Mei 2023

Hikmah Visitasi Akreditasi. Inilah Pesan yang Paling Berkesan...

 

Asesor Akreditasi bersama para asatidz

Khabaruna, Prenduan - Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa pada hari Jum'at, 12 Mei 2023 dan hari Sabtu 13 Mei 2023 di MA Tahfidh Al-Amien terlaksana acara Visitasi Akreditasi yang dihadiri oleh satu tim Asesor yang terdiri dari dua orang, yaitu: Bapak Muhammad Muslim, M.Pd dan Bapak Mohamad Soleh Hudin, S.Ag, MA. Keduanya berasal dari Lumajang Jawa Timur.

Selama proses pelaksanaan Visistasi, ada hal yang sangat berkesan dari apa yang disampaikan oleh para asesor tersebut, di antaranya adalah analogi pendidikan dengan bus.

Ketika seremonial penutupan Asesor Bapak Muhammad Muslim, M.Pd mengungkapkan sebuah analogi atau perumpamaan sebuah lembaga pendidikan dengan sebuah bus. Beliau melempar pertanyaan kepada para asatidz yang hadir: Jika mau naik bus, apa yang pertama kali dilihat atau dicari?

Tanpa banyak berpikir ternyata salah seorang asatidz langsung menjawab yang dicari pertama adalah tujuan busnya mau ke mana?

Sontak jawaban tersebut mengagetkan Asesor, karena jawabannya langsung benar. Beliau mengatakan biasanya banyak yang menjawab keliru dalam menjawab pertanyaan tersebut, misalnya dengan menjawab bahwa yang dilihat pertama adalah kondisi busnya bagus atau tidak, ada ac nya atau tidak, dan lain-lain.

Kemudian beliau melanjutkan penjelasannya, "Sebuah lembaga pendidikan dianalogikan dengan sebuah bus, yang dilihat pertama adalah tujuannya, percuma busnya bagus pelayanan lengkap jika tidak sesuai dengan tujuan, penumpang akan tersesat tidak akan sampai pada tujuan."

Beliau lebih lanjut menjelaskan bahwa semua yang ada di lembaga pendidikan diibaratkan dengan komponen-komponen yang ada pada sebuah bus.

Kepala sekolah diibaratkan sopir dari sebuah bus, dia yang akan membawa penumpang pada tujuannya, sementara para guru atau asatidz diibaratkan mesin dari bus tersebut, yang mana jika rusak atau bermasalah tidak akan bisa mengantar penumpang pada tujuannya.

Sementara itu Bapak Mohamad Soleh Hudin, S.Ag, MA, juga menyampaikan pesan yang berkesan dengan menyampaikan keinginannya agar kegiatan Visitasi Akreditasi ini tidak hanya menjadi hubungan penilaian antara Asesor dan sekolah, tetapi menjadi hubungan silaturrahim yang tetap berlanjut meski acara sudah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar