Sabtu, 01 April 2023

Ramai-ramai Alumni MA Tahfidh Al-Amien Kuliah ke Al-Azhar University Cairo

 

Para calon mahasiswi Al-Azhar dan ortu
berfoto dg Ny. Aisyah Tijani (tengah)

Khabaruna, Prenduan - Beberapa alumni MA Tahfidh Al-Amien Prenduan lulusan tahun 2022 akan berangkat ke Mesir untuk menempuh program studi tingkat sarjana di Al-Azhar University Cairo di fakultas-fakultas yang berbeda seperti Fakultas Syariah, Fakultas Bahasa Arab, dan Fakultas Ushuluddin. 

Mereka itu adalah:

1. Nauvi Nadia asal Sumenep

2. Ifana Nadiva Fuady asal Sumenep

3. Nisa Firyal Wahyuni asal Sumenep

4. Lydia Ana Sintia asal Bangkalan

5. Athiyah Rayhana asal Bekasi

6. Isma Carolina asal Kalimantan Barat

Setiap tahun alumni MA Tahfidh Al-Amien selalu ada yang melanjutkan ke Al-Azhar University Cairo dan kampus-kampus di Timur Tengah. Hal ini karena memang di MA Tahfidh Al-Amien hanya menyediakan satu jurusan, yaitu jurusan Keagamaan, sehingga sekolah dikenal dengan nama MAK atau Madrasah Aliyah Keagamaan dengan materi pelajaran yang disampaikan menggunakan bahasa Arab sehingga para santri/anak didik sudah terbiasa menerima berkomunikasi menggunakan bahasa Arab.

Selain Alumni MA Tahfidh Al-Amien sudah dibekali dengan kemampuan bahasa Arab ketika pembelajaran, mereka juga dibekali dengan hafalan Al-Qur'an 30 juz yang juga menjadi syarat kelulusan. Sehingga dengan dua bekal pokok tersebut para Alumni banyak diterima di kampus-kampus Timur Tengah seperti Al-Azhar University.

Namun ada juga yang memilih kuliah di kampus-kampus dalam Negeri di berbagai disiplin ilmu. Tidak hanya dalam disiplin ilmu ke-Islam-an tapi juga tidak sedikit yang belajar disiplin ilmu umum. Bahkan tercatat Alumni MA Tahfidh ada yang lulus kedokteran, hukum negara, bahkan ada yang menjadi anggota Militer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar