Rabu, 29 Maret 2023

Umroh Ramadhan: Apa Keutamaannya? Ini Penjelasan Hadits dan Ulama

Pimpinan dan Pengasuh Al-Amien Prenduan Umroh bersama
jama'ah Mutiara Alpend


Khabaruna, Prenduan - Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh sebagai salah satu dari lima rukun Islam. 

Namun, bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan, sehingga banyak orang yang memilih untuk menunaikan ibadah umroh di bulan ini. Lalu, apa keutamaan umroh di bulan Ramadhan? Berikut ulasannya menurut hadits dan pendapat Ulama:

1. Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan Menurut Hadits

Beberapa hadits yang menyebutkan keutamaan umroh di bulan Ramadhan antara lain:

a. Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata, "Ketika Rasulullah saw. tiba di Makkah pada tahun ke-8 H, beliau bersabda, 'Tidak ada bulan yang lebih mulia dari bulan Ramadhan. Dan tidak ada tanah yang lebih mulia dari tanah ini (Makkah).' Maka, beliau memerintahkan untuk mempersiapkan diri untuk umroh." (HR. Bukhari dan Muslim)

b. Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata, "Ketika Rasulullah saw. tiba di Makkah pada tahun ke-8 H, beliau bersabda, 'Umroh di bulan Ramadhan sama dengan haji bersamaku.'" (HR. Bukhari dan Muslim)

c. Dari Ibnu Abbas ra., ia berkata, "Rasulullah saw. menunaikan umroh di bulan Ramadhan dan mengatakan, 'Ini adalah umroh yang sama dengan haji bersamaku.'" (HR. Bukhari)

Suasana umroh Ramadhan di Masjidil Haram


2. Pandangan Ulama Tentang Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

a. Imam Syafi'i mengatakan, "Jika seseorang menunaikan umroh di bulan Ramadhan, maka ia akan mendapatkan pahala haji."

b. Imam Malik mengatakan, "Tidak ada sesuatu yang lebih utama dari umroh di bulan Ramadhan."

c. Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan, "Aku lebih menyukai umroh di bulan Ramadhan daripada umroh di bulan-bulan lainnya."

Itulah keutamaan umroh di bulan Ramadhan menurut hadits dan pandangan ulama. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah umroh di bulan yang penuh berkah dan ampunan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar