Jumat, 24 Maret 2023

Mencari Kepastian: Bolehkah Melakukan Shalat Tambahan Setelah Shalat Witr?


Khabaruna, Prenduan - Pada bulan Ramadhan kaum Muslimin melaksanakan Shalat Tarawih yang kemudian dilanjutkan dengan Shalat Witr. Ada sebagian yang setelah shalat Tarawih berhenti dan tidak melanjutkan Shalat Witr, karena berkeyakinan bahwa kalau shalat Witr di awal nanti tidak bisa melakukan tambahan shalat malam ketika bangun sahur. Bagaimana hukum sebenarnya? 

Nabi Muhammad ﷺ memberikan nasihat dan petunjuk tentang shalat witr yang sangat berharga bagi umat Muslim. Menurut Nabi Muhammad ﷺ, jika seseorang melaksanakan shalat witr di awal malam atau tengah malam, kemudian Allah memudahkan baginya untuk bangun di akhir malam, maka dia diperbolehkan untuk melakukan shalat yang telah ditetapkan oleh Allah baginya, seperti dua rakaat atau lebih dari itu. Namun, Nabi ﷺ juga mengatakan bahwa tidak ada dua shalat witr dalam satu malam.

Jika seorang mukmin atau mukminah sudah melaksanakan shalat witr di awal malam, maka dia diperbolehkan untuk melakukan shalat yang telah ditetapkan oleh Allah baginya dan tidak perlu mengulang shalat witr yang pertama.

Nabi Muhammad ﷺ juga menunjukkan bahwa shalat setelah shalat witr dibolehkan dan dia melakukan dua rakaat setelah melaksanakan shalat witr di akhir malam untuk memberitahu orang-orang bahwa shalat setelah shalat witr dibolehkan.

Namun, yang terbaik adalah jika shalat witr dilakukan sebagai shalat terakhir yang dilakukan oleh umat Muslim pada malam hari. Dalam hal ini, Nabi Muhammad ﷺ mengatakan, "Jadikanlah shalat terakhir kalian pada malam hari adalah shalat witr." Nabi ﷺ juga menjelaskan bahwa jika ada kesempatan, dan seseorang melaksanakan dua rakaat atau lebih setelah shalat witr, maka tidak ada masalah.

Shalat witr adalah salah satu shalat penting yang mendekatkan umat Muslim kepada Allah, dan meningkatkan iman dan taqwa. Dapat diambil manfaat dari nasihat berharga dari Nabi Muhammad ﷺ untuk meningkatkan hubungan antara umat Muslim dan Allah. Mematuhi waktu shalat dan memiliki taqwa dan iman adalah cara untuk mencapai kebahagiaan dan kepuasan yang abadi. Oleh karena itu, shalat witr harus dilakukan dengan penuh kesungguhan dan ketulusan hati.

Sumber rujukan: Binbaz.org.sa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar