Kamis, 20 Agustus 2020

Tahun Baru Hijriyah Santri Tahfidh Sambut Dengan Khatmul Qur’an



Khabaruna, Prenduan – Menyambut tahun baru Hijriah 1442, para santri Ma’had Tahfidh Al-Qur’an (MTA) Al-Amien Prenduan menyambutnya dengan acara Khatmul Qur’an bersama yang dilaksanakan di Majlis.

Acara Khatmul Qur’an ini merupakan Sunnah Ma’hadiyah yang dilaksanakan rutin setiap tahun di awal tahun Hijriyah. Acara ini dimulai dengan rangkaian acara do’a akhir tahun dan awal tahun menjelang Maghrib dan setelah Maghrib pada hari sebelumnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara Khatmul Qur’an setelah Shubuh yang didahului dengan sambutan dari Pengasuh Ma’had Tahfdih  Al-Qur’an, KH. Moh. Khoiri Husni.

Pengasuh Ma’had Tahfidh Al-Qur’an, KH. Moh. Khoiri Husni, menyampaikan dalam sambutannya akan pentingnya makna dari tahun baru Hijriyah ini sebagai symbol dari perpindahan (hijrah), dari kondisi baik kemudian hijrah menjadi lebih baik, dari kondisi sukses menjadi lebih sukses lagi di tahun yang baru ini.

Beliau juga menitikberatkan pentingya meningkatkan kualitas ibadah santri, dalam hal ini pentingnya meningkatkan kualitas Shalat yang merupakan titik sentral dari nilai amal seseorang nanti di Akhirat, karena nantinya amal pertama seseorang yang akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah adalah Shalat.

Acara Khatmul Qur’an di MTA, dilakukan oleh para santri yang ditunjuk secara bergiliran, dengan membaca hafalan Al-Qur’an dari Juz 1-30 satu persatu dan didengarkan oleh para santri yang juga diatur secara bergiliran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar