Jumat, 10 Januari 2020

Pembukaan Ujian Al-Qur’an MTA: Ujian Tidak Hanya Untuk Orang yang Hidup


Khabaruna, Prenduan – Pengasuh Ma’had Tahfidh Al-Qur’an (MTA) Al-Amien Prenduan, KH. Moh. Khoiri Husni secara resmi membuka ujian Al-Qur’an mid semester II (10/1/2020) di Majelis MTA putra setelah selesai shalat Isya’.


Dalam pesannya beliau mengingatkan santri bahwasanya ujian itu tidak hanya bagian dari pendidikan, melainkan juga bagian dari kehidupan itu sendiri, bahkan tidak hanya orang yang hidup saja yang diuji melainkan orang yang sudah mati sekalipun akan diuji.

“Ujian merupakan bagian dari proses pendidikan. Hidup itu sendiri adalah ujian. Ujian itu sendiri adalah bagian dari kehidupan. Bahkan Allah berfirman bukan hanya hidup itu ujian, matipun ujian sebagaimana dalam Al-Qur’an: ‘Huwa al-ladzi khalaqa al-mauta wa al-hayata li yabluwakum ayyukum ahsanu ‘amala’. Mati, ketika nyawa kita dicabut oleh Allah kita akan diuji dan pengujianya adalah malaikat Munkar dan Nakir. Mati saja ujian apalagi hidup,” ujar beliau kepada para santri MTA.

Ujian Al-Qur’an mid semester II di MTA ini akan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 11-16 Januari 2020 dengan sistem ujian setor hafalan kepada para penguji dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia ujian Al-Qur’an.

Untuk pagi hari santri menyetorkan hafalan ujiannya setelah Shubuh hingga jam 5.45 WIB, sore ujian dilaksanakan setelah Ashar hingga jam 17.00 WIB, dan malam setelah Isya’ dari jam 20.00 WIB hingga jam 21.15 WIB.

2 komentar:

  1. اللهم ارحمنا بالقرآن واجعله لنا اماما ونورا وهدى ورحمة

    BalasHapus
    Balasan
    1. آمين. شكرا على زيارتكم ياأخي...

      Hapus