Senin, 25 Februari 2019

Hari Ini MA Tahfidh Al-Amien Memasuki USBN-BKS


Khabaruna, Prenduan – Hari ini (25/2/2019) santri santri kelas akhir (Nihai) dari MA Tahfidh Al-Amien Prenduan memasuki rententan acara ujian nasional berbasis komputer yang diawali dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer dan Smartphone (USBN-BKS)


Senin, 18 Februari 2019

Pemuda, Etika dan Kebangkitan Bangsa

Walid El-Faqoth

Khabaruna - Era pemuda Indonesia tampaknya hanya cukup dan berhenti sampai pada era orde baru saja, selebihnya adalah era pemuda yang masuk jeruji besi karena ulahnya sendiri. Kenapa demikian?


Minggu, 10 Februari 2019

Keindahan Filosofi Sepak Bola Di Atas Lumpur Dan Genangan Air (Catatan Kecil Liga RITMA 8-9/2/2019)


Khabaruna - Siapa bilang keindahan permainan hanya akan tersaji diatas lapangan megah dengan tribun bertumpuk dan fasilitas fantastis bagi para suporter, dan mungkin wajar saja bila Pep Guardiola menepuk dadanya berbangga diri atas kecerdasannya meracik strategi permainan dan Jose Mourinho mengoarkan serapahnya kepada tim lawan seraya menyombongkan diri karena limpahan gelarnya. Tapi dibalik itu semua, sebenarnya selalu mengakar sebuah pertanyaan kecil ”Bisakah kita berbuat demikian dengan fasilitas yang terbatas?”


Sabtu, 09 Februari 2019

Bersyukurlah Kita Hidup di Bumi Bukan di Merkurius

Alvin Hidayat

Khabaruna - Pakar geologi memperkirakan bahwa planet Bumi lahir 4,5 bilion (miliar) tahun yang lalu dari waktu paro zat radioaktif yang ditemukan di Bumi. Awalnya, atmosfer Bumi mengandung karbon dioksida (CO2) dengan konsentrasi tinggi. Ketika Bumi lahir belum terbentuk oksigen (O2) sehingga menjadikan planet Bumi ini tidak mampu untuk dihuni oleh makhluk hidup.