Sabtu, 13 Oktober 2018

Isi BBM di Pagi Hari Bisa Lebih Hemat. Mitos Apa Fakta?

Foto: Detik

Khabaruna - Di tengah kenaikan harga BBM jenis Pertamax Cs banyak cara yang dilakukan pengendara demi menyiasati penghematan pengeluaran. Ada yang mulai mengubah cara berkendaranya hingga beralih menggunakan BBM dengan jenis lain.


Ada juga yang mulai rajin mengisi bensin di pagi hari? Apa hubungannya mengisi bensin di pagi hari dengan penghematan? Ada yang pernah mendengar mitos soal waktu pengisian bensin di pagi hari bisa lebih menghemat kantong?

Alasanya, suhu dipagi hari dinilai masih dingin sehingga dianggap bagus bagi seseorang yang ingin mengisi bensin. Karena menurut mitos tersebut bensin tidak akan memuai.

Dalam kata lain bensin akan lebih padat saat cuaca dingin di pagi hari sehingga tak perlu mengisi sebanyak di siang hari.

Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Bensin memang bisa memuai karena pengaruh temperatur. Pada saat temperatur naik dari 15 derajat Celcius ke 23 derajat Celcius misalnya, volumenya naik sekitar 1 persen, namun isi kandungannya tetap sama saja.

Tetapi, SPBU biasanya menyimpan BBM di dalam tangki bawah tanah dengan temperatur bervariasi dimana saat siang hari suhunya lebih rendah dibanding permukaan. Ini menyebabkan temperatur BBM yang keluar dari selang juga berubah.

"Perubahannya sangat kecil, bahkan hampir tidak ada," ungkap mantan ketua Asosiasi Pemasaran BBM Amerika Craig Eerkes dikutip Consumer Reports.

Consumer Reports sendiri melakukan percobaan untuk membuktikan soal mitos tersebut. Pengisian BBM dilakukan pada pagi hari pukul 08.30 dan siang hari antara 12.30 dan 13.00.

Hasilnya tidak terlihat perbedaan yang cukup jauh baik itu mengisi di pagi hari maupun siang hari. Suhu yang berbeda hingga 15 derajat saja hanya meningkatkan satu persen volume BBM atau kalau diuangkan jumlahnya mungkin tidak sampai puluhan ribu.

Ini karena tangki di bawah sudah diatur sedemikian rupa untuk menjaga temperatur BBM. Mungkin hanya beberapa liter pertama yang mengalir ke tangki mobil saja memiliki temperatur lebih tinggi sehingga bensin sedikit memuai, sisanya akan memiliki suhu yang sama dengan di tangki penyimpanan.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar