Jumat, 26 Oktober 2018

4 Sifat Ini Wajib Dimiliki Guru Sukses (KH. Moh. Zainullah Rais)


Khabaruna, Prenduan – KH. Moh. Zainullah Rais beberapa hari yang lalu (Ahad, 21/10/2018) ketika menyampaikan pesan-pesan kepada para guru MTA (Ma’had Tahfidh Al-Qur’an) Al-Amien Prenduan dalam acara Rapat Guru Lengkap memberikan  beberapa tips untuk menjadi guru sukses.


Menurut beliau ada beberapa sifat yang apabila dimiliki oleh seorang guru ia akan disenangi dan akan dicintai oleh para santrinya. Beliau berharap sifat-sifat tersebut dimiliki oleh para guru terutama guru-guru di Al-Amien Prenduan.

“Pertama al-‘afwu ‘indal ghadhab (memberi maaf ketika marah), hal ini memang sulit dan butuh latihan dan proses, ustadz yang seperti ini disenangi oleh santri karena bukan killer. Kemudian sifat yang kedua, itu juga butuh latihan, yaitu al-birru fil ‘usrati (berbuat baik dalam kondisi dirinya itu kesulitan), masih berbuat baik pada orang lain padahal dirinya berada dalam kesulitan, dalam kondisi dirinya sibuk kesulitan tapi dia masih menyempatkan diri untuk ngajar membimbing dan seterusnya

“kemudian sifat yang ketiga yaitu al’iffatu fil wihdati (dalam kesendirian dia bisa menjaga diri), artinya jika dalam kesendirian saja dia bisa amanah menjaga diri apalagi di depan orang lain. Lalu sifat yang keempat adalah qaulul haqq (berkata benar) kepada siapapun, baik kepada orang yang ditakuti atau tidak.

“Maka sebagai pendidik miliki sifat-sifat ini sehingga keberadaan antum-antum semua di tengah-tengah santri itu benar-benar dirasakan”. Demikian pesan KH. Moh. Zainullah Rais kepada para ustadz/ah di MTA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar