Rabu, 22 Agustus 2018

Keseruan dan Kekhusyu’an Mewarnai Idul Adha di Al-Amien Prenduan


Khabaruna, Prenduan – Untuk tahun 2018 ini Al-Amien Prenduan sebagaimana sunah-sunah sebelumnya dalam pelaksanaan Shalat ‘Idain (Idul Adha maupun Idul Fitri) selalu mengikuti pelaksanaan sesuai dengan kesepakatan dan ketetapan dari pemerintah.

Maka untuk tahun ini pun pelaksanaannya dilaksanakan pada hari ini (Rabu, 8/8/2018) dengan menjadikan masjid Jami’ Al-Amien Prenduan sebagai pusat pelaksanaan dari shalat ‘Id, baik santri putra maupun santri putri, dan bahkan masyarakat sekitar pondok sekalipun.

Dalam pelaksanaan shalat 'Idul Adha kali ini, seluruh santri Al-Amien putra melakukannya di dalam masjid jami', sedangkan santri Al-Amien puteri melakukannya di halaman samping masjid jami', di area taman masjid dengan suana shalat di atas rumput yang hijau memenuhi taman.

Pelaksanaan shalat Idul Adha pada tahun ini dipimpin oleh KH. Ahmad Fauzi Tidjani sebagai Imam shalat Id dan Ust. Musleh Wahid ditunjuk sebagai Khatib, dan dimulai tepat pada jam 6.30 WIB. Hal ini menambah suasana kehusyu'an dan penghayatan yang lebih dalam memaknai hari raya Idul Adha.

Suasana hari raya tambah seru setelah selesai shalat. Para santri bersalaman dengan seluruh ustadz yang mereka jumpai setelah shalat dan dilanjutkan dengan silaturrahim ke rumah guru-guru dalam pondok pesantren Al-Amien Prenduan. Hal ini menambah suasana kedekatan dan penghormatan dari santri kepada guru-guru.


Di samping itu di beberapa tempat strategis seperti di samping asrama MTA putra dan di depan PUSPAGATRA para santri memajang kreasi-kreasinya untuk diperlihatkan kepada para wali santri orang-orang yang datang berkunjung ke pondok Al-Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar