Kamis, 10 Mei 2018

Beginilah Pentingnya Kepemimpinan dalam Islam Menurut KH. Ghozi Mubarok



Khabaruna, Prenduan – Satu hari setelah pelaksanaan wisuda, Ma’had Tahfidh Al-Qur’an (MTA) melaksanakan rentetan program selanjutnya yaitu acara Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen atau PKM bagi para calon pengurus baru di organisasi santri RITMA.


Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, K. H. Ghozi Mubarok dan bertempat di Majlis MTA.

Dalam sambutannya beliau menerangkan betapa pentingnya kepemimpinan di dalam Islam.

“Kepemimpinan itu adalah salah satu bagian yang paling penting di dalam ajaran agama Islam. Rasulullah menyebutkan di dalam Haditsnya: ‘Kullukum Ra’in, wa Kullukum Mas ulun ‘an Ra’iyyatihi’ (Masing-masing kalian merupakan pemimpin, dan masing-masing kalian bertanggung jawab atas kepemimpinannya)”, tutur beliau kepada para santri.

“Dengan demikian Rasulullah dari sejak awal sudah menggariskan bahwa kita ini harus betul-betul menjadi pemimpin dan harus mempertanggung jawabkan atas segala hal di dalam kepemimpinan kita”, lanjutnya.

Bahkan menurut beliau saking pentingnya kepemimpinan di dalam Islam pernah suatu ketika Rasululullah memerintahkan para sahabatnya apabila melakukan perjalanan lebih dari dua orang maka salah satu dari mereka harus diangkat menjadi pemimpin.

“Rasulullah pernah memerintahkan para sahabat: ‘apabila kalian melakukan perjalanan lebih dari dua orang, maka angkat salah seorang dari kalian itu untuk menjadi pemimpin perjalanan’. 

"Kalau kita berkumpul dan tidak ada yang memimpin, maka perkumpulan itu disebut kerumunan, tidak ada bedanya dengan kerumunan yang ada di pasar”, demikian KH. Ghozi Mubarok menjelaskan pentingnya kepemimpinan di dalam Islam kepada para santri MTA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar