Rabu, 04 April 2018

Untuk Pertama Kalinya! Mewakili Indonesia Santri dan Mahasiswa Al-Amien Prenduan Juara I Level Internasional


Khabaruna, Malaysia - Untuk pertama kalinya Santri dan Mahasiswa Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Amien Prenduan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengharumkan nama masyarakat Indonesia secara umum, dan nama Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan secara khusus, dalam kancah perlombaan bertaraf internasional yang dilaksanakan di Malaysia.


Tim Debat Bahasa Arab dari Al-Amien Prenduan  meraih juara pertama tingkat Association of South East Asia Nations (ASEAN) di Malaysia, Senin (02/04).

Al-Amien Prenduan yang mewakili Indonesia, mendelegasikan dua kontingen untuk tingkat perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Diajang perlombaan bergengsi yang digelar dari tanggal 30 Maret hingga 02 April tersebut, diselenggarakan di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) dan diikuti oleh delegasi dari beberapa negara ASEAN.

Kontingen tersebut, terdiri dari mahasiswa Institut Dirosat Islamiyah (IDIA) dan santri Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI). Mereka mampu menyisihkan peserta dari negara tetangga, seperti, Brunai Darussalam, Singapura dan negara lainnya.

“Semoga ini menjadi sebuah keberkahan. Dan Allah meridhai usaha mereka bersama segenap dewan guru di Al-Almien Prenduan,” kata Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, MA, Pengasuh Ponpes Al-Amien Prenduan.

Menurut Ust. Suhaimi Zuhri selaku Pendamping tim debat Ponpes Al-Amien Prenduan peserta lomba yang mengikuti kompetisi tersebut merupakan mayoritas santri dan mahasiswa yang meraih juara kompetisi bahasa Arab di negara masing-masing.

“Berkat usaha dan doa restu dari para kiai dan guru, kontingen Ponpes Al-Amien Prenduan mampu meraih juara pertama sekaligus sebagai best speaker,” ujarnya.

“Prestasi ini patut kami syukuri. Namun, tidak lantas berpuas diri. Semoga menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan santri lainnya,” tandasnya lagi.

Berikut nama-nama mahasiswa dan santri Al-Amien Prenduan Sumenep Madura yang menjuarai lomba Debat Bahasa Arab se-ASEAN di Malaysia:

1. Kategori Pendebat Terbaik Pusingan (Best Speaker: Alfian Darmawan (IDIA Al Amien Prenduan).

2. Kategori Pendebat Terbaik Pusingan (Best Speaker) : Seif Robert El haq (IDIA Al Amien Prenduan Madura).

3. Juara I Debat Bahasa Arab tingkat sekolah menengah: Delegasi TMI Al Amien Prenduan (Firdaus ulul Abshor asal Bangkalan, Salman Biltyar asal Tasikmalaya, Ilman Faris asal Kepulauan Sapeken Sumenep dan Ali Sajad dari Bluto Sumenep).

Sumber Wawancara: Suara Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar