Kamis, 17 Agustus 2017

Ini Yang Membedakan Upacara Kemerdekaan 2017 dengan Sebelumnya di Lapangan Prenduan


Khabaruna, Prenduan - Tanggal 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan RI, dan pada tahun 2017 ini merupakan hari peringatan kemerdekaannya yang ke 72. Layaknya warga negara Indonesia yang baik dan memiliki jiwa nasionalisme, santri Pondok Pesantren Al-Amien memperingatinya dengan mengikuti upacara yang dikenal dengan upacara 17 Agustusan.


Namun dalam peringatan 17 Agustusan ini santri Al-Amien Prenduan dibagi-bagi sesuai lokasi atau tempat belajar mereka. Bagi santri laki-laki dari kelas Tamhidi (kelas persiapan) sampai kelas VI (setingkat kelas XII) MTA (Ma'had Tahfidh Al-Qur'an) Al-Amien mengikuti upacara di depan PUSPAGATRA (Pusat Pengembangan Kreativitas dan Gagasan Santri Putra) bersama santri-santri Putra lainnya dari TMI (Tarbiyatul Mu'allimin) dan IDIA (Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien). Sedangkan santri puteri mengikuti upacara yang dilaksanakan di lapangan parkir putri, dan sebagian yang lain mengikuti upacara tingkat kecamatan di lapangan Prenduan.

Adapun mereka yang mengikuti upacara tingkat kecamatan di lapangan Prenduan, sekitar 1 Km ke arah Timur dari Al-Amien Prenduan, adalah mereka yang kebetulan sedang mengikuti acara Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD) Pramuka dari kelas IV (setara kelas X), bersama para pembina dan siswa-siswi dari sekolah-sekolah yang berada di kecamatan Pragaan, mulai dari sekolah tingkat SD/MI hingga perguruan tinggi dan ditambah lagi dengan para guru dan pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di kecamatan Pragaan kabupaten Sumenep.

Acara upara Agustusan 2017 di lapangan Prenduan ini dimulai tepat pada jam 07.00 WIB yang dimulai dengan gladi bersih, dan baru pada jam 7.30 WIB upacara resmi dimulai dengan susunan acara sebagaimana berikut: komandan acara memasuki tempat upacara, dilanjutkan dengan inspektur upacara juga menempati posisinya, lalu diikuti dengan acara pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks proklamasi oleh inspektur, mengheningkan cipta, pembacaan teks pancasila, pembacaan teks pembukaan UUD 1945, pembacaan do'a, laporan komandan upacara, penghormatan kepada inspektur upacara dan diikuti oleh inspektur upacara menginggalkan tempat. Acara kemudian dilanjtukan dengan penampilan-penampilan dan selesai jam 08.00 WIB.

Dalam upacara di lapangan ini pengibaran bendera dilaksanakan oleh pasukan pengibaran bendera dari santri Al-Amien Prenduan. Namun dalam pelaksanaan upacara kali ini ada yang berbeda dari susuan acaranya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya dalam upacara Agustusan, biasanya inspektur upacara menyampaikan amanat inspektur, maka dalam acara upacara peringatan kemerdekaan RI yang ke 72 ini tidak ada sesi penyampaian amanat yang biasanya disampaikan oleh inspektur upacara, dalam hal ini inspekturnya adalah bapak camat untuk kecamatan Pragaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar