Kamis, 31 Agustus 2017

Begini Keseruan Malam Idul Adha di Al-Amien Prenduan



Khabaruna, Prenduan - Seluruh santri yang mondok di Al-Amien diwajibkan untuk melaksanakan dan merayakan 'Idul Adha di dalam pondok, hal ini berbeda dengan sekolah-sekolah maupun pondok pesantren dan lembaga pendidikan yang ada kebanyakan di daerah lain.


Ini Alasan Menkominfo Belum Blokir Situs Saracen



Khabaruna - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan belum memblokir akun-akun dan situs-situs kelompok produsen dan penyebar kebencian, Saracen. Hal itu guna membantu proses penyidikan aparat kepolisian.


Selasa, 29 Agustus 2017

2018, Pengguna Kartu Seluler Wajib Terdaftar di Disdukcapil



Khabaruna - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia atau BRTI bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menggodok aturan bagi pengguna kartu seluler wajib terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dalam aturan ini, nanti saat mendaftarkan kartu baru, maka verifikasi dan validasinya langsung ke Disdukcapil.


Senin, 28 Agustus 2017

Tolak Full Day School : Bupati Batang & Ribuan Warga Demo

Ilustrasi - Kader Nahdatul Ulama se-Soloraya mengikuti aksi damai menolak kebijakan aturan Full Day School (FDS) di Solo, Jawa Tengah, Kamis (24/8). - Antara


Khabaruna - Ribuan warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menggelar rapat akbar untuk menolak kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) terkait dengan diberlakukannya peraturan sekolah seharian penuh (Full Day School) atau lima hari sekolah yang dilaksanakan di depan Kantor Bupati Batang, Senin (28/8/2017).


Sabtu, 26 Agustus 2017

JK Ingin Penyebar Hoax tentang Dirinya Ditangkap



Khabaruna - Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin penyebar berita bohong atau hoax tentang dirinya segera ditangkap. Dia mengatakan, hoax semacam ini tidak bisa dibiarkan terus berkembang.


Jumat, 25 Agustus 2017

Ini Bahaya Melewatkan Sarapan pada Anak



Khabaruna - Sarapan memegang perananan penting dalam proses pemenuhan gizi anak. Anak-anak yang kerap melewatkan sarapan diketahui lebih sulit dalam memenuhi kebutuhan gizi harian sesuai rekomendasi.


Kamis, 24 Agustus 2017

Kapan kita bisa nikmati gerhana matahari di Indonesia? Ini tanggalnya!

Boredpanda.com

Khabaruna - Pada 21 Agustus lalu, masyarakat Amerika Serikat heboh dengan adanya fenomena gerhana matahari. Gerhana matahari ini spesial bagi mereka karena secara total gerhana ini hanya bisa dinikmati masyarakat AS dan sekitarnya saja.

Selasa, 22 Agustus 2017

Catat, Tahun 2018 Pensiunan PNS Akan Dapat THR



Khabaruna - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan untuk tidak menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil. Namun sebagai gantinya, bendahara negara akan tetap memberikan Tunjangan Hari Raya kepada PNS aktif, seperti yang dilakukan sejak tahun anggaran 2016.


Minggu, 20 Agustus 2017

NASA Lepas Bakteri ke Angkasa Saat Gerhana Matahari, Buat Apa?



Khabaruna - Fenomena alam gerhana total akan kembali terjadi pada 21 Agustus. Namun untuk kali ini, peristiwa tersebut dapat dilihat di seluruh daerah di wilayah Amerika Serikat.


Sabtu, 19 Agustus 2017

Larangan Ngambek Dalam Islam



Khabaruna - Manusia hidup membutuhkan orang lain. Dalam berhubungan dengan orang lain tersebut, masalah sebagai sebuah konsekuensi hubungan datang silih berganti. Entah dengan kawan, orang tua, atau pasangan, masalah akan terus menguji manusia.


Kamis, 17 Agustus 2017

Ini Yang Membedakan Upacara Kemerdekaan 2017 dengan Sebelumnya di Lapangan Prenduan


Khabaruna, Prenduan - Tanggal 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan RI, dan pada tahun 2017 ini merupakan hari peringatan kemerdekaannya yang ke 72. Layaknya warga negara Indonesia yang baik dan memiliki jiwa nasionalisme, santri Pondok Pesantren Al-Amien memperingatinya dengan mengikuti upacara yang dikenal dengan upacara 17 Agustusan.


Rabu, 16 Agustus 2017

Kemenkominfo Blokir Situs Penyebar Fatwa Hoax


Khabaruna - Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam mengaku telah berkomunikasi dengan sejumlah pihak terkait tersebarnya berita hoax berjudul "MUI Mengesahkan Fatwa Haram Pemasangan Bendera Indonesia di Masjid". Berita tersebut menyebar melalui situs muipusat.wordpress.com yang notabebe bukan situs resmi MUI Pusat.

Selasa, 15 Agustus 2017

Kisah Deretan Pohon Sukarno di Padang Arafah



Khabaruna - Umat Muslim yang ingin menunaikan rangkaian ibadah haji, secara bergelombang mulai datang ke Kota Mekah, Arab Saudi. Puncak haji sendiri akan jatuh pada  pada 31 Agustus 2017 (9 Dzulhijjah) dengan ibadah wukuf di Padang Arafah.


Senin, 14 Agustus 2017

Tidak Pasang Bendera di Kendaraan Kena Denda Rp 300 Ribu?



Khabaruna - Empat hari menjelang peringatan HUT RI ke-72 masyarakat di Palangkaraya, Kalimantan Tengah meresahkan kabar burung yang menyebutkan, bila tak memasang bendera merah putih baik itu di mobil atau sepeda motor akan didenda.


Minggu, 13 Agustus 2017

Dua Alasan Islam Jadi Agama yang Paling Pesat di Dunia



Khabaruna - Pew Research Center mencatat Islam sebagai agama yang tumbuh paling cepat di dunia. Bahkan, pemeluk Islam diperkirakan meningkat 70 persen dari 1,8 miliar pada 2015 menjadi tiga miliar pada 2050.


Jumat, 11 Agustus 2017

PBNU Tolak Keras Sekolah 5 Hari: Tak Ada Kompromi, Tak Ada Dialog



Khabaruna, Jakarta - Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) kembali menegaskan tidak mau berkompromi dengan pemerintah soal sekolah lima hari yang Perpresnya sedang disusun. PBNU meminta pemerintah mencabut Peraturan Menteri (Permen) Dikbud soal sekolah 5 hari itu.


Kamis, 10 Agustus 2017

Dua Mahasiswa Indonesia di Al-Azhar Ditangkap Aparat Mesir



Khabaruna - Dua orang mahasiswa asal Indonesia di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, ditahan oleh pihak keamanan Markaz Aga, Provinsi ad-Daqohliyyah. Mereka bernama Nurul Islami dan Muhammad Hadi, yang belajar di jurusan Syariah tingkat III.

Rabu, 09 Agustus 2017

Tiap Malam Dengar Sholawat, 4 Warga Tengger Jadi Mualaf


Khabaruna - Tak ada yang tahu jalan hidup seseorang, kecuali Tuhan. Termasuk soal hidayah, jika Allah sudah berkehendak, petunjuk bisa diterima siapa saja. Seperti yang dialami oleh empat tahanan di Kabupaten probolinggo, Jawa Timur, ini.

Selasa, 08 Agustus 2017

Tips agar Tidak Tersesat di Masjidil Haram



Khabaruna - Setibanya di Mekah, jemaah akan beristirahat selama tiga jam, sebelum berangkat ke Masjidil Haram untuk umrah. Banyak jemaah haji belum pernah menjalankan umrah akan bingung bila terpisah dari rombongan.


Senin, 07 Agustus 2017

Jemaah Haji, Waspadai Pria Ganteng Berbahasa Indonesia yang Minta Donasi



Khabaruna - Petugas haji di Daerah Kerja (Daker) Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, Abdul Basir, awalnya terkesima dengan pria ganteng yang lancar berbahasa Indonesia yang dia temui secara tak sengaja. Kemudian ia kaget karena pengakuan pria tersebut kemungkinan hanya bualan.


Sabtu, 05 Agustus 2017

Minum Susu Pakai Dot Picu Gangguan Perilaku pada Anak


Khabaruna - Pemberian air susu ibu atau ASI secara eksklusif dianjurkan selama enam bulan dan diteruskan hingga anak berusia 2 tahun. Namun, pemberian ASI eksklusif ini menjadi kendala tertentu bagi para ibu pekerja.

Rabu, 02 Agustus 2017

Masya Allah!!! Bupati Pamekasan Diringkus KPK



Khabaruna, Pamekasan – Bupati Kabupaten Pamekasan Achmad Syafii masuk dalam deretan 12 orang yang diringkus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (2/8). Syafii dan terduga kasus korupsi Anggaran Dana Desa (ADD) lainnya dibawa dari Mapolres Pamekasan ke Jakarta.


Selasa, 01 Agustus 2017

Belajar Mengelola Dana Haji dari Umar Bin Khattab



Khabaruna - Pengelolaan dana haji wajib dilakukan, sebab dana tersebut mengendap dan akan berkurang untuk dibayarkan zakat. Sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar Bin Khattab melakukan itu saat memimpin.