Senin, 31 Juli 2017

Ini Alasan BKN Ingin Guru dan Bidan Tak Berstatus PNS


Khabaruna - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mewacanakan agar guru dan bidan tidak perlu berstatus pegawai negeri sipil (PNS), tapi sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini perlu dikaji lebih mendalam supaya mendapat respons baik dan disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Minggu, 30 Juli 2017

Rusia Bentuk Tim Selidiki Fidget Spinner, Ada Apa?



Khabaruna, Moskow - Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas mainan Fidget Spinner sempat begitu meroket. Mainan yang terdiri dari tiga buah bilah yang dapat berputar pada porosnya tersebut itu sebenarnya sudah ada sejak 1993 silam. Namun, saat seseorang ahli IT asal Amerika Serikat mengunggah mainan tersebut ke media sosial, mainan itu pun menjadi viral.


Sabtu, 29 Juli 2017

Usbu'ut Ta'aruf Wat Taujih: Berikut Para Fungsionaris Pondok 2017-2018


Khabaruna, Prenduan - Sudah menjadi kegiatan rutin tahunan pondok pesantren Al-Amien Prenduan mengadakan acara “Usbu’ut Ta’aruf wat Taujih” atau Pekan Perkenalan para fungsionaris pondok kepada para santri di seluruh lembaga yang berada di bawah naungan Al-Amien Prenduan


Jumat, 28 Juli 2017

Abbas Dukung Seruan Ulama Senior Palestina



Khabaruna - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mengatakan, shalat akan dilanjutkan di Masjid Al-Aqsha di Yerusalem Timur, setelah penguasa Yahudi mencabut semua tindakan keamanan yang kontroversial. Ha itu untuk mendukung seruan para ulama.


Rabu, 26 Juli 2017

Usbu'ut Ta'aruf Wat Taujih: Keikhlasan Sama dengan Ketulusan


Khabaruna, Prenduan - Di awal tahun ajaran baru, setelah proses pendaftaran santri baru sudah selesai, maka pondok pesantren Al-Amien Prenduan mengadakan acara Usbu'ut Ta'aruf wat Taujih untuk seluruh santri yang berada di bawah naungan pondok pesantren Al-Amien Prenduan.


Biji Apel Mengandung Racun, Bagaimana Jika Termakan?



Khabaruna - Apel dikenal sebagai buah segar yang menyehatkan. Namun, buah bergizi ini ternyata punya biji yang mengandung racun. Bisa berakibat fatal jika dimakan.


Selasa, 25 Juli 2017

Buntut Insiden Masjid Al-Aqsa, Warga Israel Jadi Korban Penusukan



Khabaruna, Tel Aviv - Seorang warga Palestina menikam seorang warga Israel dekat sebuah restoran cepat saji di kawasan komersial di Tel Aviv. Perisitwa itu terjadi pada Senin 24 Juli 2017 waktu setempat.


Senin, 24 Juli 2017

2 dari 3 Jenis Haji dan Umrah ini tidak Diterima oleh Allah


Khabaruna - Betapa ramai jumlah  jamaah ibadah haji maupun umrah setiap tahun. Namun, apakah semua jamaah haji dan umrah tersebut ibadahnya diterima oleh Allah SWT?

Minggu, 23 Juli 2017

Insinyur Saudi Ciptakan Payung Ber-AC untuk Jamaah Haji



Khabaruna - Insinyur Saudi telah menemukan payung dengan pendingin udara yang diberi nama "Payung Makkah". Payung yang bekerja menggunakan energi matahari atau bahkan baterai ini dapat membantu peziarah menghindari dehidrasi dan kelelahan akibat panas selama musim haji.


Jumat, 21 Juli 2017

Pertanyaan Bagaimana Cara Ikan Tidur, Kini Ada Jawabannya


Khabaruna - Bagaimana cara ikan tidur? Tentunya pertanyaan ini sudah sering dijadikan lelucon tanpa jawaban yang pasti. Namun seorang fotografer berhasil mengabadikan, bagaimana caranya raksasa lautan bisa menikmati tidur siang mereka. Seperti yang dirilis dari boredpanda.com, Kamis (20/7/2017).

Rabu, 19 Juli 2017

Hasil Penelitian: Berbuat Baik Bisa Memunculkan Rasa Bahagia



Khabaruna - Sekelompok peneliti dari Universitas Zurich, Swiss, menemukan hubungan antara aktivitas berbuat baik dengan munculnya kebahagiaan. Hasil penelitian tersebut menyatakan, orang yang melakukan perbuatan baik, dalam hal ini digambarkan dengan kegiatan berderma atau memberikan sesuatu kepada orang lain, memiliki kecenderungan untuk lebih mudah merasakan bahagia.


Selasa, 18 Juli 2017

Senin, 17 Juli 2017

Lagi-lagi Hoaks! E-KTP Dijadikan Bahan Berita Hoaks


Khabaruna, Tulungagung - Sudah beberapa pekan beredar via Whatsapp berisi imbauan kepada masyarakat yang punya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) terbitan 2012/2013 segera mengaktifasi sebelum jatuh tempo.

Minggu, 16 Juli 2017

Hari Ini Matahari Tepat Berada di Atas Kakbah, Waktu Terbaik Betulkan Arah Kiblat


Khabaruna - Hari ini, Ahad (16/7/2017), jadi waktu yang cukup istimewa bagi umat muslim seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebab, akan ada sebuah fenomena alam yang berkaitan dengan kegiatan ibadah wajib yang setiap hari dilakukan.


Kamis, 13 Juli 2017

KH. Ahmad Fauzi Tidjani: "Pendidikan Al-Amien Tidak Hanya 'Tadzkiyah' tapi juga 'Tazkiyah'"


Khabaruna, Prenduan - Setelah santri MTA selesai berlibur dan sudah kembali ke pondok Al-Amien Prenduan, maka hari ini secara berturut-turut MTA melaksanakan acara tatap muka.


Rabu, 12 Juli 2017

Pesawat NASA Berhasil Menangkap Penampakan Badai di Planet Jupiter



Khabaruna - Pesawat antariksa milik Badan Aeronautika dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil mengintip badai raksasa di Jupiter, yang disebut Great Red Spot, dan foto-foto pertamanya akan disiarkan dalam beberapa hari ke depan menurut NASA, Selasa (11/07).


Selasa, 11 Juli 2017

Ahlan Wa Sahlan Santri MTA


Khabaruna, Prenduan – Hari ini seluruh santri MTA kembali ke pondok setelah menunaikan liburan sambil berdakwahnya selama kurang lebih 1 bulan lamanya sejak tanggal 10 Juni 2017 hingga hari ini tanggal 11 Juli 2017.


Manfaat Mengonsumsi Banyak Alpukat



Khabaruna - Mulai kini, biasakan konsumsi lebih banyak buah alpukat. Dilansir melalui Time, alpukat bisa mengurangi risiko penyakit sindrome metabolik. Seperti diketahui, sindrome metabolik merupakan pemicu penyakit jantung dan diabetes. Dua penyakit tersebut memiliki julukan 'the silent killer' atau pembunuh diam-diam.


Minggu, 09 Juli 2017

Empat Mahasiswa Asal Indonesia di Mesir akan Dideportasi

Foto: Shutterstock


Khabaruna - Dubes RI di Cairo, Helmy Fauzi memastikan keempat mahasiswa Indonesia yang ditahan aparat keamanan Mesir dapat dipulangkan ke Indonesia Sabtu (8/7/2017). Keempat mahasiswa tersebut dijadwalkan akan tiba di Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten, pukul 09.00, Minggu (9/7/2017).


Sabtu, 08 Juli 2017

Kini Ada Situs Khusus Cek Rekening Tangkal Penipuan



Khabaruna - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI meluncurkan CekRekening.id, sebuah situs khusus yang ditujukan untuk mengurangi penipuan terkait transfer uang dalam transaksi online.


Jumat, 07 Juli 2017

Air Putih Ternyata Mengandung Kalsium



Khabaruna - Tak cuma susu atau suplemen, air putih ternyata juga mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup, ungkap para peneliti dari Jerman.


Kamis, 06 Juli 2017

Polisi Bakar Kerupuk, Versi Terbaru Hoax Plastik dalam Makanan



Khabaruna - Beredar video seorang polisi memperagakan cara mendeteksi kandungan plastik dalam kerupuk. Ia membakar kerupuk tersebut hingga menyala dan meninggalkan kerak kehitaman.


Rabu, 05 Juli 2017

Terlalu Lama Duduk Sebabkan Gluteal Amnesia

Foto: Tempo


Khabaruna - Selain resiko terkena obesitas, rematik, dan diabetes, ternyata masih ada resiko gangguan kesehatan yang disebabkan oleh aktivitas terlalu lama duduk. Gangguan itu antara lain, adanya Gluteal Amnesia atau biasa dikenal dengan gangguan mati rasanya panggul.


Senin, 03 Juli 2017

Meminum Air Setelah Makan Tingkatkan Kadar Gula Darah?



Khabaruna - Sudah menjadi kebiasaan pada umumnya meminum segelas air setelah makan. Namun, tahukah Anda bahwa hal itu bisa menimbulkan masalah seperti masalah pencernaan dan kenaikan kadar gula darah?


Sabtu, 01 Juli 2017

Serunya Menikmati Malam di Taman Tectona


Khabaruna - Tanpa sengaja ketika hendak pulang ke rumah di Lenteng Sumenep, kami melihat keramaian di samping kiri jalan, tepatnya di Jl. Raya Lenteng-Sumenep, desa Torbang kecamatan Lenteng kabupaten Sumenep, sekitar 5,8 km dari kota.