Selasa, 02 Mei 2017

Turki Blokir Wikipedia



Khabaruna - Turki telah memblokir Wikipedia, kata pengawas telekomunikasi setempat pada hari Sabtu lalu.


Pemerintah Turki dapat memblokir ensiklopedia online tersebut menggunakan peraturan yang memungkinkan mereka menutup akses ke sebuah situs yang dianggap mengandung konten tidak pantas atau mengancam keamanan negara.


Langkah ini akan membuat grup HAM dan pendukung Barat di Turki khawatir. Ankara dianggap telah membatasi kebebasan berbicara dan hak dasar lainnya setelah pemberontakan yang gagal tahun lalu, seperti yang dilaporkan oleh Reuters.

"Setelah analisa teknis dan pertimbangan hukum... keputusan administratif telah diambil untuk situs ini (wikipedia.org)," ujar pengawas telekomunikasi dalam pernyataan resmi di situsnya.

Mereka menggunakan hukum yang memungkinkan mereka untuk memblokir akses ke sebuah halama situs atau sebuah situs secara keseluruhan dalam rangka melindungi keamanan masyarkat, keamanan negara atau demi kebaikan masyarakat.

Kementerian Komunikasi Turki berkata, Wikipedia berusaha untuk merusak reputasi pemerintah Turki, menyebutkan bahwa ada beberapa artikel yang membahas tentang bagaimana Ankara berkoordinasi dengan grup militan, lapor badan berita negara Anadolu.

"Bukannya melakukan koordinasi melawan terorisme, ia telah menjadi bagian sumber informasi yang menjadi bagian dari kampanye untuk merusak reputasi Turki di mata dunia," Anadolu mengutip pihak kementerian. Kantor berita tersebut menyebutkan, pemblokiran ini akan dibatalkan jika Wikipedia memenuhi permintaan pemerintah.

Dalam peraturan yang berlaku, pengawas telekomunikasi harus memasukkan pemblokiran ini ke pengadilan dalam waktu 24 jam. Pengadilan kemudian memiliki waktu 2 hari untuk memutuskan apakah pemblokiran ini akan dilanjutkan.

Sumber: metrotvnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar