Kamis, 06 April 2017

Uban Muncul Prematur? Ternyata Ini Penyebabnya


Khabaruna - Seperti keriput, grey hair atau ubam juga merupakan tanda penuaan. Namun pertanyaanya, bagaimana kalau uban tersebut muncul sejak dini?


Untuk beberapa kasus, ada orang memiliki permasalahan uban yang datang prematur. Sesungguhnya, apa penyebabnya?

Sebagaimana dijelaskan seorang pakar rambut Madeleine Preston dalam Cosmopolitan, Selasa (4/4/2017), uban terjadi alami karena pigmen rambut yang diselingi dengan warna putih. Hal ini terjadi dikarenakan sel-sel pigmentasi yang bertanggung jawab untuk warna rambut atau melanin berhenti berproduksi.

"Untuk uban yang muncul prematur karena selain faktor genetik, ada pula karena gaya hidup yang tak sehat. Kemudian hormonal, asupan gizi dan juga tingkat stres," ujar Preston.

Mengenai rentan usia mulai munculnya uban, Preston menyebutkan sekiranya untuk wanita mulai tumbuh uban di usia 30-an. Lalu, di usia 50-an tumbuhnya uban di kulit kepala bisa mencapai 50 persen.

Kembali pada faktor penyebab munculnya uban, Preston menjelaskan, untuk uban karena genetik merupakan faktor yang sangat kuat. "Kalau orangtua Anda sudah memiliki uban ketika mereka belum lanjut usia, maka Anda ada kemungkinan untuk beruban sejak dini. Faktor penyakit yanh sedang diderita juga bisa memengaruhi, seperti diabeyes, anemia dan tiroid itu bisa memunculkan uban," tandasnya.

Lantaran itu, jika tak ingin muncul uban secara prematur, rambut harus diperkaya dengan protein (keratin). Untuk mendapatkannya, Anda bisa memulai hidup sehat dengan senantiasa mengonsumsi makanan seperti telur dan ikan yang merupakan sumber protein tinggi.

Protein terdiri dari asam amino esensial dan kandungan ini lebih berlimpah pada protein hewani, selain itu juga lebih mudah diserap. Perbanyak juga zat besi seperti kalsium, zinc, vitamin D, B12 dan B6 yang didapat dari protein nabati. Sehingga, Anda bisa memperlambat tumbuhnya uban pada mahkota Anda.

Sumber: Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar