Selasa, 28 Februari 2017

Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja untuk 32 Posisi



Khabaruna, Jakarta - Bank Indonesia (BI) membuka kesempatan berkarir. Pendaftaran dibuka mulai Senin (27/2/2017) pukul 13.00 WIB sampai Jumat (3/3/ 2017) pukul 13.00 WIB.


Senin, 27 Februari 2017

Korban Crane Harap Kedatangan Raja Salman Realisasikan Janji Santunan



Khabaruna, Solok - Kerajaan Arab Saudi belum juga merealisasikan janjinya memberikan santunan untuk korban crane jatuh di Masjidil Haram. Salah satunya yakni untuk korban asal Cupak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Zulfitri Zaini, 58.


Kemenristekdikti akan Terbitkan Aturan Soal Dosen Berijazah S1


Khabaruna - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) segera menerbitkan aturan terkait Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi tenaga dosen pada Maret 2017.


Sabtu, 25 Februari 2017

Penemuan Makhluk Misterius Bersayap, Wujud Peri Sebenarnya?


Khabaruna - Beberapa tes yang dilakukan peneliti para makhluk mirip peri yang disebut Metepic Hybrid mengungkapkan hasil yang menarik. Baik mitokondria maupun DNA dari makhluk tersebut tidak memiliki kesamaan dengan makhluk hidup apapun di dunia ini.


Makkah Sebagai Pengganti GMT


Khabaruna - Delapan tahun lalu, di Doha, Qatar, berlangsung hajatan ilmiah penting bagi dunia Islam. Sejumlah ilmuwan dan ulama Islam berkumpul dan berdiskusi adanya kemungkinan peralihan perhitungan waktu yang sudah baku selama ini, dari mengacu pada GMT sebagai meridian nol, berganti menjadikan Makkah sebagai awal mula perhitungan waktu.

Jumat, 24 Februari 2017

Alquran dan Sains Jelaskan Keajaiban Tulang Manusia


Khabaruna - Dalam tubuh terdapat sambungan sebagai tempat tulang saling terhubung satu sama lain. Manusia bisa melakukan gerakan tertentu seperti membungkuk atau meregangkan tangan dan kaki karena adanya sambungan yang terletak pada siku dan lutut.


Kamis, 23 Februari 2017

Tips Mengetik Cepat Menggunakan Smartphone


Khabaruna - Untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu, pengguna dituntut untuk bisa cepat mengetik di smartphone Android. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini tips agar pengguna bisa mengetik cepat tanpa banyak melakukan kesalahan atau typo.

Rabu, 22 Februari 2017

Alquran dan Sains Jelaskan Partikel Terkecil di Dunia


Khabaruna - Pada masa lalu dikenal Teori Atom (Atomisme). Teori ini awalnya diusulkan oleh seorang Yunani bernama Democritus, yang hidup sekira 23 abad lalu.


Minggu, 19 Februari 2017

KH. Fauzi Rasul: Polisi Kita Adalah "Ihsan"



Khabaruna, Prenduan: Santri MTA Al-Amien Prenduan kembali memasuki masa ujian setelah selesai menjalani ujian hafalan Al-Qur'an satu minggu sebelumnya dari tanggal 11-16 Februari 2017.


Jumat, 17 Februari 2017

Kabar Gembira! Sang Legendaris Nokia 3310 Akan Lahir Kembali Tahun Ini



Khabaruna - Hal mengejutkan datang ketika laman Mashable melontarkan pertanyaan pada pembaca terkait ponsel terbaik. Rata-rata pembaca menjawab Nokia 3310 sebagai ponsel terbaik yang pernah mereka punya.


Kamis, 16 Februari 2017

Hebat...! Bola Lampu Ini Menyala 116 Tahun Sejak 1901

Lampu Centennial Light ini berhasil menyala 116 tahun sejak 1901 (Foto : centennialbulb.org)

Khabaruna - Bola lampu menjadi sebuah hal yang kini ketinggalan zaman dibanding dengan teknologi lampu LED. Tapi kekuatan bola lampu ini mampu menghalahkan teknologi lampu apapun, karena berhasil menyala selama 116 tahun. Seperti yang dirilis dari Wikipedia.com, Rabu (15/2/2017).


Rabu, 15 Februari 2017

Alasan Anda Harus Mencuci Pakaian Baru Sebelum Dipakai



Khabaruna - Lindsey Bordone, dermatolog di Columbia University Medical Center, New York, Amerika serikat mengatakan, ia mencuci semua pakaian baru, baik dibeli di toko atau lewat online.


Selasa, 14 Februari 2017

Ssst...! Ternyata Tidur Siang Bisa Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak...



Khabaruna - Tidur siang merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan bahasa anak. Menurut studi, anak yang tidur siang memiliki kemampuan dalam mengingat kata-kata.


Khasiat Air Zamzam dalam Pandangan Sains


Khabaruna - Keajaiban air zamzam tidak diragukan lagi. Dalam buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr. Zakir Naik' karya Ramadhani, dkk mengungkapkan, telah ada penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Jepang, Dr. Masaru Emoto dari Hado Institute Tokyo.


Senin, 13 Februari 2017

Survei: Media Sosial Jadi Sumber Utama Penyebaran Hoax


Khabaruna - Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) merilis survei tentang informasi palsu (hoax) yang tengah marak di Tanah Air. Dari hasil survei itu, diketahui media sosial menjadi sumber utama peredaran hoax.

Minggu, 12 Februari 2017

Deklarasi Lawan Hoax, Bupati Banyumas: Hoax Itu Setan



Khabaruna, Banyumas - Bupati Banyumas, Achmad Husain mewanti-wanti masyarakat agar tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita hoax yang beredar di media sosial. Menurut dia hoax itu setan yang sulit ditangkap, maka dari itu untuk mencegahnya harus dari diri sendiri.


Sabtu, 11 Februari 2017

GNPF MUI: Hati-Hati Adu Domba Umat Islam dengan Pemerintah



Khabaruna - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) sekaligus  Ketua Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), Habieb Rizieq Syihab menyampaikan kepada umat Islam di Indonesia agar tetap menjaga ukhuwah Islamiyah antara sesama muslim dan jangan terprovokasi untuk diadu domba dengan pemerintah.


Jumat, 10 Februari 2017

Do’akan Majelis MTA Akan Ditingkat Dua


Khabaruna, Prenduan – Santri Ma’had Tahfidh Al-Qur’an (MTA) telah memasuki masa ujian Al-Qur’an untuk mid-semester II, dengan seremonial pembukaannya yang dilaksanakan pada hari Jum’at (10/2/2017 jam 20:00) di Majelis MTA.


PWNU Jatim: Masyarakat dan Pesantren NU Tidak Boleh Terlibat 112



Khabaruna - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menegaskan masyarakat dan pesantren NU tidak boleh terlibat aksi 112. Aksi 112 itu akan digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta.


SBY "Berkicau": Sebut Wiranto, Habib Rizieq dan Islamofobia



Khabaruna - “Kicauan” Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, di Twitter dalam beberapa waktu ke belakang menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu. Sebab, “cuitan”  Presiden ke-6 RI itu selalu mendapat beragam tanggapan.


Misi ke Luar Angkasa, Astronot Akan Dibekukan dalam Kapsul


Khabaruna - Para ilmuwan berencana untuk membekukan astronot dalam tempat tidur kapsul agar mereka dapat bertahan di menjelajah luar angkasa dalam waktu yang lama. Teknologi ini rencananya akan diuji di Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam satu tahun ke depan.

Kamis, 09 Februari 2017

Doa Mustajab agar Cepat Lunasi Utang


Khabaruna - Dalam kehidupan sehari-hari, utang piutang merupakan hal yang wajar. Tapi apa jadinya jika utang tak kunjung dibayar? Tentunya akan membuat utang menjadi semakin menumpuk, sehingga memungkinkan seseorang sulit untuk melunasinya.


Tolong... Kota Sampang Kebanjiran hingga 2 Meter

Ilustrasi


Khabaruna - Banjir yang melanda Kabupaten Sampang sejak malam terus membesar. Akibatnya, ribuan rumah yang ada di Kecamatan Sampang Kota terendam banjir hingga setinggi 2 meter.


Rabu, 08 Februari 2017

Mengapa Paspor Haji Diberlakukan?


Khabaruna - Untuk menjawabnya, ingatan pun terlempar kembali ke sekitar tahun 1994, yakni ketika kian marak apa yang disebut overstay (kelebihan waktu menetap) di Arab Saudi.Sejumlah jamaah umroh yang memegang paspor hijau, sengaja tidak langsung pulang ke Tanah Air, dan memilih tinggal lebih lama di Saudi. Alasannya bermacam-macam, ada yang hendak mencari pekerjaan, atau menunggu waktu tibanya musim haji.


Muslim Wajib Tahu! Ini Etika Bertamu dan Masuk Rumah Orang Lain



Khabaruna - Ibnu Jarir at-Thabari menukil sebuah riwayat dari Addi bin Tsabit. Dalam kisah tersebut diceritakan, seorang perempuan dari golongan Anshar mendatangi Rasulullah dan mengatakan bahwa salah sa tu kerabatnya kerap berkunjung di rumahnya pada wak tu yang tak terduga.


Selasa, 07 Februari 2017

Al-Azhar Pantau Perkembangan Situasi Rakhine



Khabaruna, Cairo - Grand Syeikh Al-Azhar Profesor Ahmed Mohammad Ahmed Al-Tayyeb terus mengamati perkembangan situasi di Rakhine, Myanmar. Menurutnya, situasi di sana membutuhkan langkah konkrit bukan sekadar teriakan moral belaka.


Senin, 06 Februari 2017

Mengenal Seni Mendidik Bernama Islamic Hypnoparenting



Khabaruna - Komunikasi yang baik, antara orangtua dan anak adalah hal yang paling penting dalam pola pengasuhan. Hal ini, kata Pakar Islamic Hypnoparenting, Eri Setiawan, akan terserap dalam pemikiran bawah sadar hingga mereka dewasa. Sehingga, hal tersebutlah yang sebenarnya paling berpengaruh dalam membentuk karakter dan kepribadian seorang anak.


Minggu, 05 Februari 2017

KH. Ghozi Mubarok: Khittah MTA Sebagai Lembaga Elit Al-Amien


Khabaruna, Prenduan – Menjelang pelaksanaan ujian mid semester II, Ma’had Tahfidh Al-Qur’an (MTA) Al-Amien mengadakan rapat guru lengkap dengan menghadirkan wakil pimpinan, KH. Ghozi Mubarok.

Sabtu, 04 Februari 2017

Bulan November, Produktivitas Dosen akan Dievaluasi



Khabaruna - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) akan mengevaluasi pemberian tunjangan profesi dosen dan tunjangan kehormatan profesor terhadap produktifitas dan karya ilmiah pada November 2017. Evaluasi tersebut sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017.


Jumat, 03 Februari 2017

Al-Quran dan Sains Jelaskan Siklus Air dan Hujan di Bumi


Khabaruna - Orang-orang pada zaman dahulu, sekira abad ke-7 SM, mengira bahwa hujan terjadi dari percikan air laut yang tertiup angin ke darat, kemudian jadilah hujan.


Ketika Anak Tonton TV, Bimbing sesuai Syariat Islam dengan Cara Ini


Khabaruna - Tidak semua isi tayangan televisi buruk. Namun, karena konsumennya termasuk anak-anak, maka orangtua harus mengawasi tontonan agar anak tak terpapar konten tayangan yang belum pantas mereka saksikan.

Rabu, 01 Februari 2017

Al-Quran dan Sains Jelaskan Fakta Gunung Bergerak


Khabaruna - Penelitian modern mencari tahu apakah gunung di Bumi mengalami pergerakan. Para ilmuwan sepakat bahwa gunung tidak diam, melainkan bergerak.