Selasa, 24 Januari 2017

Taqdim al-Qishshah di MTA Putra Pershaf Tidak Perkelas

Ust. Iqbal Ibnu Khalid dan Mu'allim Bayu Anggara

Khabaruna, Prenduan - Dalam rentetan acara Usbu'ul Lughah al-Arabiyah, Ma'had Tahfidh Al-Qur'an (MTA) Al-Amien Prenduan untuk santri Putra mengadakan acara lomba Taqdim al-Qishshah (Bercerita dalam Bahasa Arab). (Selasa 24/1/2017)

Acara Taqdim al-Qishshah ini dilaksanakan di Majelis MTA Putra dan diikuti seluruh santri yang ada di Ma'had Tahfidh Al-Qur'an Putra dari kelas Tamhidi (Kelas Persiapan lulusan SD/MI), Kelas Takmili (Kelas Persiapan Lulusan SMP/MTs), kelas 1-3 SMP dan kelas 1 SMA/MA (Kelas 4 dalam istilah Al-Amien Prenduan).

Dalam lomba Taqdim al-Qishshah ini Kelas 5 dan Kelas 6 (Kelas 2 dan 3 SMA dalam istilah masyarakat umum) tidak mengikuti lomba karena kelas 5 sebagai penanggung jawab kegiatan dan kelas 6 memiliki program Nihai (Kelas Akhir) yang harus diselesaikan.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh Ust. Iqbal Ibnu Khalid selaku penanggung jawab kegiatan Usbu'ul Lughah di MTA menyampaikan bahwasanya untuk kegiatan lomba Taqdim al-Qishshah dilaksanakan pershaf bukan perkelas maupun perkelompok minat bahasa yang ada di MTA.

"Lomba Taqdim al-Qishshah diselenggarakan pershaf tidak perkelas dan tidak juga perkelompok bahasa, karena waktunya yang tidak cukup, dan masing-masing penampilan hanya diberi batasab waktu 7 menit (red)", ungkap ust. Iqbal Ibnu Khalid menggunakan bahasa Arab.

Perlu diketahui Istilah shaf dan kelas untuk pondok Al-Amien Prenduan merupakan dua istilah yang berbeda. Shaf merupakan kumpulan dari kelas-kelas yang berada dalam satu tingkatan, sedangkan kelas merupakan kelompok-kelompok dalam satu tingkatan yang berada di bawah istilah shaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar