Jumat, 13 Januari 2017

Kalimantan Tengah Siap Gantikan Jakarta Jadi Ibu Kota RI



Khabaruna - Pemerintah daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) siap untuk menjadi ibu kota negara, menggantikan DKI Jakarta. Pembangunan melalui proyek-proyek strategis telah disiapkan untuk mendukung tujuan tersebut.


Kesiapan itu telah disampaikan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro di Gedung Bappenas, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Dalam kegiatan tersebut, Gubenur Sugian didampingi oleh sejumlah pejabat pemerintah Kalteng, antara lain Kepala Bappeda Erson Aden dan Ketua KADIN Kalteng Tugiyo Wiratmodjo.

"Saya bertemu Pak Menteri melaporkan rencana pembangunan Kalteng. Saya ceritakan tentang pekerjaan kami. Komitmen kami tidak main-main untuk mendukung rencana-rencana pemerintah pusat. Kalau pusat memang butuh, kami sangat siap jadi ibu kota negara. Itu juga cita-cita Pak Karno kan," kata Sugian dalam siaran pers yang diterima detikFinance.

Mantan anggota DPR RI ini juga menjelaskan banyak kemajuan proyek strategis di Kalteng. Pembangunan tersebut akan membuat Kalteng menjadi semakin strategis dalam peta pembangunan nasional.

"Kita sedang kawal betul program strategis, pembangkit listrik, jalur kereta Kalimantan, sampai sentra pertanian organik terbesar di Indonesia. Kalau pusat-daerah kuat, pasti berkah untuk rakyat. Kalteng pasti semakin penting dalam kemajuan Indonesia," jelasnya.

Pemindahan ibu kota pemerintahan, kata Sugian dapat mengurangi beban Jakarta yang sudah terlalu padat.

"Daya dukung Jakarta sebagai pusat bisnis dan pusat pemerintahan sudah terlampau berat. Dalam dua puluh tahun ke depan, mungkin Jakarta tidak sanggup lagi. Beban itu perlu dibagi dan Kalteng siap untuk menjadi pusat pemerintahan baru di Indonesia. Kami memulainya dengan menyiapkan 300 ribu hektar lahan untuk dikembangkan sebagai pusat pemerintahan," tutup Sugian.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar