Selasa, 31 Januari 2017

Petisi Tolak Kunjungan Trump Didukung 1,2 Juta Orang di Inggris


Khabaruna, London - Petisi menolak kunjungan kenegaraan PresidenDonaldTrump ke Inggris didukung lebih dari satu juta orang, tapi pemerintah menegaskan undangan terhadapTrump tidak akan dibatalkan.

Senin, 30 Januari 2017

Inilah Para Pemenang Lomba-Lomba Usbu’ul Lughah al-Arabiyah


Khabaruna, Prenduan – Selesailah rentetan acara kegiatan lomba-lomba yang diadakan Markaz al-Lughah (Pusat Bahasa) di Ma’had Tahfidh Al-Qur’an (MTA) yang dikemas dengan dalam kegiatan Usbu’ul Lughah al-Arabiyah (Pekan Bahasa Arab).


Rabu, 25 Januari 2017

Santri MTA Tak Kuasa Teriak Histeris Saksikan Penampilan Anak Kelas 1 ini



Khabaruna, Prenduan - Pergelaran lomba-lomba antar santri MTA dalam rangka kegiatan Usbu'ul Lughah al-'Arabiyah terus bergulir.


Melihat Aksi Kocak ala "Reality Show" Kelas 2



Khabaruna, Prenduan - Dalam lomba Taqdim al-Qishshah di Ma'had Tahfidh Al-Qur'an (MTA) Putra yang dilaksanakan oleh Qism al-Lughah dalam rentetan acara Usbuul Lughah al-Arabiyah, para santri berlomba-lomba untuk menghadirkan yang terbaik.


Selasa, 24 Januari 2017

Taqdim al-Qishshah di MTA Putra Pershaf Tidak Perkelas

Ust. Iqbal Ibnu Khalid dan Mu'allim Bayu Anggara

Khabaruna, Prenduan - Dalam rentetan acara Usbu'ul Lughah al-Arabiyah, Ma'had Tahfidh Al-Qur'an (MTA) Al-Amien Prenduan untuk santri Putra mengadakan acara lomba Taqdim al-Qishshah (Bercerita dalam Bahasa Arab). (Selasa 24/1/2017)

Canggih! Di Australia, Wisatawan Tak Perlu Lagi Tunjukkan Paspor di Bandara



Khabaruna, Canberra - Berkat teknologi baru yang akan dioperasikan, wisatawan di Australia nantinya tidak perlu lagi menunjukan paspor mereka ketika memasuki atau meninggalkan Australia.


Senin, 23 Januari 2017

Kisah Mencari Keberadaan Khidir



Khabaruna - Pada era kerasulan Musa, hidup seorang nabi bernama Khidir. Asal usulnya tak jelas. Ada yang mengatakan, ia merupakan keluarga Dzulqarnain, ada pula yang mengatakan, ia keturunan bangsa Persia dan Romawi.


Minggu, 22 Januari 2017

KH. Ghozi Mubarok: Belajar Bahasa Arab Itu Fardhu Kifayah


Khabaruna – Dalam satu minggu ke depan santri Al-Amien Prenduan akan mengikuti rentetan acara yang disusun oleh Markazullughah (Pusat Bahasa) dan dibingkai dalam agenda Usbu'ullughah (Pekan Bahasa).


Minum Jeruk Nipis Campur Kecap Saat Batuk dan Radang, Benar Menyembuhkan?


Khabaruna - Pernah meminum resep zaman dulu, yakni air jeruk nipis campur kecap untuk menyembuhkan batuk? Air jeruk nipis dan kecap memang dipercaya bisa membantu meredakan batuk. Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis berkhasiat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga batuk jadi sedikit mereda.


Sabtu, 21 Januari 2017

Bulan Terbelah dalam Penjelasan Al-Quran dan Sains


Khabaruna - Penelitian modern yang dilakukan badan antariksa Amerika Serikat atau NASA menemukan bahwa bulan bukanlah objek mati. Peneliti NASA menggunakan Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) untuk meneliti satelit Bumi tersebut.


Jumat, 20 Januari 2017

Ditjen Pajak: NPWP Bisa Jadi Kartu BPJS hingga SIM


Khabaruna - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) telah menyiapkan satu kartu multifungsi yang dapat digabungkan dengan kartu lainnya, mulai dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), kartu kredit, hingga Surat Izin Mengemudi (SIM). Kartu ini rencananya akan meluncur pada Maret 2017.

Kamis, 19 Januari 2017

Sekolah Tarik SPP, Mendikbud: Sejak Dulu Memang Enggak Gratis



Khabaruna - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menegaskan penetapan iuran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di tingkat sekolah menengah atas (SMA) merupakan kewenangan daerah dan sekolah. Sehingga, pihaknya tidak bisa melarang jika sekolah maupun daerah hendak menarik iuran SPP.


2016 Jadi Tahun Terpanas Sejak 1880



Khabaruna - Data suhu pada 2016 menunjukkan tahun tersebut mengalahkan tahun sebelumnya dalam tahun terpanas di dunia. Dilansir BBC, Rabu (18/1), data Badan Antariksa AS (NASA) dan UK Met Office menunjukkan suhu 2016 lebih tinggi 0,17 derajat Celcius dibanding tahun 2015.


Rabu, 18 Januari 2017

Asteroid Nyaris Sambar Bumi Pekan Lalu



Khabaruna - Pekan lalu, ketika para penghuni planet ini sedang sibuk bekerja dan menikmati hidup, sebuah asteroid tiba-tiba melintas sangat dekat dengan Bumi, bahkan lebih dekat dari jarak Bumi dengan bulan.


Selasa, 17 Januari 2017

Inikah Material Misteri Inti Bumi?


Khabaruna - Lapisan inti Bumi diketahui sebagian besar terdiri dari besi. 85 persen di antaranya adalah besi, sepuluh persen di antaranya nikel, dan lima persen sisanya masih menjadi misteri.

Minggu, 15 Januari 2017

Pengungsi Suriah Tuntut Facebook karena Sebar Berita Bohong

Pengungsi Suriah Anas Modamani berswafoto bersama Kanselir Jerman Angela Merkel pada September 2015. Foto itu viral di Facebook.


Khabaruna, London - Seorang pengungsi Suriah yang foto swafotonya bersama Kanselir Jerman Angela Merkel sempat menjadi fenomena viral kini menuntut Facebook karena dianggap membiarkan foto lain, yang menggambarkan dirinya sebagai penjahat dan teroris, tersebar.


Sabtu, 14 Januari 2017

Astronom Memprediksi Tabrakan Bintang pada 2022

Ilustrasi

Khabaruna - Astronom memprediksi akan terjadi tabrakan bintang yang mengiasi langit. Peristiwa tersebut akan berlangsung pada 2022.


Jumat, 13 Januari 2017

Kalimantan Tengah Siap Gantikan Jakarta Jadi Ibu Kota RI



Khabaruna - Pemerintah daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) siap untuk menjadi ibu kota negara, menggantikan DKI Jakarta. Pembangunan melalui proyek-proyek strategis telah disiapkan untuk mendukung tujuan tersebut.


Rabu, 11 Januari 2017

Ini Informasi Beasiswa Kuliah ke Arab Saudi


Khabaruna - Dalam rangka kaderisasi ulama, Ma’had I‘dad Al-Aimmah wad Du’at yang berlokasi di Mekkah, di bawah bimbingan Robithoh ‘Alam Islamy, membuka Program Diplom ‘Aam atau Dirosat 'Ulya selama dua semester (satu tahun). Dengan durasi belajar 5 jam dalam sehari, dimulai dari pukul 07.30 – 12.20 waktu setempat.

Persyaratan:


Selasa, 10 Januari 2017

Ini Cara Kerja Badan Anti-Hoax Pemerintah



Khabaruna - Untuk menanggulangi berita-berita hoax atau bohong di media sosial, sebuah badan akan dibentuk oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.


2 Black Hole Bersembunyi di Galaksi dekat Bima Sakti, Berbahaya?



Khabaruna, Washington DC - Lubang hitam atau dikenal dengan black hole bisa saja bersembunyi bak "monster di bawah kasur" di balik tabir galaksi kita, demikian seperti diungkapkan sejumlah peneliti.


Senin, 09 Januari 2017

Mau Jalani Bisnis Tanpa Modal? Ini 5 Pilihan yang Bisa Dicoba



Khabaruna - Sukses menjalankan bisnis ternyata tidak harus dimulai dengan menggelontorkan modal dalam jumlah besar. Nyatanya, banyak peluang usaha yang bisa dimulai dengan memanfaatkan kemampuan dan sumber daya yang ada.


Minggu, 08 Januari 2017

6 Kode Rahasia Android Ini Wajib Kamu Ketahui



Khabaruna - Seperti yang sudah kamu ketahui, hampir seluruh ponsel yang ada memiliki fitur atau kode rahasia yang dapat digunakan untuk mengakses sebuah informasi.


Sabtu, 07 Januari 2017

Pelestarian Sumur Zamzam Terus Dilakukan



Khabaruna - Kota Makkah secara geografis dan topografi terletak di daerah lembah yang cekung. Menurut SGS (Saudi Geological Survey), luas cekungan ini hanya seluas 60 kilometer persegi (km2). Tentu saja, jumlah ini tidak terlalu luas sebagai sebuah cekungan penadah hujan.

Jumat, 06 Januari 2017

Tanda Kiamat, Fakta Sains NASA Benarkan Sungai Eufrat Mengering


Khabaruna - Badan antariksa Amerika Serikat pada 2013 mengungkap bahwa air di wilayah Timur Tengah mengalami pengurangan atau mengering. Berkurangnya air ini dipelajari mulai Januari 2003 hingga Desember 2009 dengan memanfaatkan satelit Gravity Recovery and Climate Experiment (GRACE).


Kamis, 05 Januari 2017

Lagi, Pertamina Naikkan Harga BBM Rp 300 per Liter



Khabaruna - Belum genap masa satu bulan, sejak 16 Desember 2016, PT Pertamina Persero per hari ini, Kamis, 5 Januari 2017, kembali melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM), dari sebelumnya naik Rp 150 (16/12/2016), sekarang naik lagi Rp 300, dengan alasan menyesuaikan kondisi harga minyak mentah dunia.


Selasa, 03 Januari 2017

PLN: Tarif listrik 900 VA naik tiap 2 bulan mulai Januari 2017


Khabaruna - PT PLN (Persero) memberlakukan kenaikan tarif listrik secara bertahap bagi rumah tangga golongan mampu dengan daya 900 VA mulai 1 Januari 2017.

Senin, 02 Januari 2017

Ini Jadwal Ujian Nasional 2017



Khabaruna - Pemerintah akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada 2017. Adapun penyelenggaraan UN akan berlangsung pada April hingga Mei 2017.