Kamis, 29 Desember 2016

Ada Tambahan Satu Detik di Penghujung 2016


Khabaruna - Para ilmuwan mengatakan bahwa Tahun Baru 2017 akan ditunda satu detik di penghujung 31 Desember 2016. Ini terjadi karena adanya ‘leap second’.

Leap second terjadi karena rotasi Bumi melambat perlahan. Untuk membuat waktu sesuai dengan perputaran Bumi, manusia perlu menyinkronkan waktu dengan rotasi Bumi.

"Tambahan detik atau lompatan detik ini, memungkinkan untuk menyelaraskan waktu astronomi yang tidak teratur dan ditentukan oleh rotasi Bumi, dengan Coordinated Universal Time (UTC) yang sangat stabil dan telah ditentukan oleh jam atom sejak 1967," jelas Paris Observatory di Prancis, yang merupakan tempat Internasional Rotasi Bumi dan Sistem Referensi Service (IERS) yang bertanggung jawab untuk sinkronisasi waktu.

Kapan lompatan detik ditambahkan, tergantung pada zona waktu Anda. UTC adalah waktu standar primer, di mana sisa zona waktu di seluruh planet diatur tapi itu akan menjadi tambahan detik di menit terakhir tahun ini. Ini berarti menit akhir 2016 akan berlangsung selama 61 detik.

Sumber: Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar