Rabu, 13 Juli 2016

Asyiknya Main Pasir dan Naik Kuda di Pantai Salopeng



Khabaruna,  Sumenep - Sudah menjadi tradisi di pulau Madura,  khususnya di Sumenep,  setiap hari ke tujuh setelah hari raya 'Idul Fitri masyarakat Sumenep kembali merayakan hari raya yang sebenarnya pada awalnya dikhususkan bagi mereka yang melaksanakan puasa Syawal,  akan tetapi kemudian dijadikan tradisi perayaan yang dikenal hari raya ketupat.

Untuk merayakan hari raya ketupat ini masyarakat merayakannya dengan berbagai aktivitas,  ada yang silaturrahim kepada keluarga-keluarga,  ada yang jalan-jalan bersama keluarga mengunjungi daerah-daerah wisata,  baik itu wisata religi maupun non-religi untuk menikmati hari raya bersama keluarga.

Untuk daerah Sumenep ada dua destinasi wisata yang selalu ramai dengan pengunjung pada hari raya ketupat ini,  yaitu pantai Lombang dan Salopeng. Kedua pantai ini terletak di bagian utara Sumenep dan pantai Lombang merupakan pantai yang lebih jauh lokasinya dari Sumenep kota,  namun lebih banyak dikunjungi oleh masyarakat Madura.

Sedangkan pantai Salopeng lokasinya lebih dekat dari Sumenep kota dan hanya butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan mengendarai mobil/motor dengan perjalanan yang diwarnai dengan tikungan dan turunan yang tidak terlalu tajam.

Untuk  masuk pantai Salopeng pengunjung diminta bayar tiket masuk sebesar Rp. 12.000/orang dan Rp. 10.000 untuk biaya parkir kendaraan roda empat.



Di dalam lokasi pantai Salopeng pengunjung bisa menikmati pemandangan dari keindahan pantai Salopeng yang dikelilingi pasir halus sepanjang pantai,  dan tentunya pengunjung bisa berenang di tepi pantai. Pengunjung di sana juga bisa merasakan sensasi naik kuda di area pantai,  termasuk juga di sana sudah siap perahu-perahu yang menunggu untuk dinaiki para penumpang. Plus jika pengunjung bawa anak,  di sana juga ada berbagai permainan seperti mandi bola, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar