Senin, 06 Juni 2016

Mars, Jupiter dan Saturnus Menari Sejajar di Langit Juni



Khabaruna - Penonton langit Bumi di bulan Juni akan melihat fenomena tiga planet dalam satu barisan. Mars, Jupiter dan Saturnus akan tampak sangat terang, terutama jika Anda mau meninggalkan sejenak kota yang dipenuhi polusi cahaya.


Bagaimana cara untuk menemukan Mars, Jupiter dan Saturnus? Lalu kapan harus melihat mereka sejajar?

Menurur Bostong Lobe, Minggu (5/6/2016), sangat mudah menemukan Mars yang menjadi lebih terang dalam satu decade ini. Anda hanya perlu melihat ke arah tenggara ketika senja mulai merangkak. Mars akan lebih terang dibanding apapun di sekitarnya tanpa berkedip.

Ketika Anda menaikkan pandangan ke selatan saat malam semakin gelap, Mars akan berubah menjadi sedikit kuning oranye. Warna itu didapatkannya saat memantulkan cahaya Matahari di permukaan padang pasirnya.

Sementara itu, Jupiter akan terlihat sama terangnya dengan Mars. Namun, dia bersinar putih pada arah lebih barat daya. Cahaya putih itu terpancar karena Jupiter merupakan planet gas yang mengandung crystalline ammonia yang warnanya seputih salju.

Untuk menemukan Saturnus, Anda perlu kembali melihat Mars dan merendahkan pandangan sedikit ke arah kiri ketika gelap sudah benar-benar memenuhi langit. Planet ini berwarna kuning dan sangat besar. Dia juga terbuat dari permukaan dari es ammonia.

Sekadar informasi, planet-planet yang terlihat dari Bumi ini tak selamanya terlihat terang. Kadang mereka terlihat kecil dan redup, namun tahun ini penduduk Bumi beruntung untuk bisa melihat mereka lebih terang di Juni bahkan di dalam kota yang penuh polusi.

Sumber: Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar