Kamis, 04 Februari 2016

Tahukah Anda, Kenapa Kelelawar Tidur Terbalik?



Khabaruna - Kelelawar adalah hewan nocturnal yang sangat unik. Tak hanya memiliki bentuk sayap yang khas, hewan yang identik dengan vampir ini juga punya cara tidur yang berbeda dari mamalia lainnya.


Namun tahukah Anda kenapa kelelawar tidur terbalik? Ada beberapa alasan kelelawar memilih tidur dengan posisi terbalik atau menggantung.

Pertama, kelelawar tidur terbalik karena mereka menghindari predator. Seperti diketahui, kelelawar aktif di malam hari sehingga mereka tertidur di siang hari. Tidur di tempat yang tinggi membuat mereka tetap aman dari jangkauan predator hingga malam tiba.

Selain itu, kelelawar menggantung saat tidur untuk memudahkan mereka memulai penerbangan. Posisi yang menggantung di tempat tinggi memungkinkan mereka lepas landas dengan lebih mudah.

Terakhir, kelelawar menghemat energi ketika mereka tidur terbalik. Mereka hanya perlu terbang  ke posisi bertengger yang diinginkan, kemudian membuka cakarnya dan menemukan permukaan yang dapat digenggam.

Berat tubuh bagian atas akan menarik tendon yang terhubung dengan cakar ke bawah, dan menyebabkan cakar mengepal serta menggenggam tempatnya bertengger. Dengan cara itu, kelelawar tak perlu melakukan usaha apa pun untuk tergantung terbalik. Cakar yang terus tertutup itu akan tetap membuat sang kelelawar tetap bertengger bahkan ketika ia mati.

Sumber: Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar