Kamis, 25 Februari 2016

Kenapa Gaji Suka Habis di Tengah Bulan?



Khabaruna,  Jakarta - Apakah Anda sering kali mendapatkan uang di rekening bankmu tinggal sedikit, atau bahkan habis tak tersisa padahal belum mencapai akhir bulan?


Padahal Anda memiliki gaji yang cukup tinggi dibandingkan dengan kebutuhan hidup dalam sebulan.

Mungkin Anda seringkali berpikir, untuk apa saja uang yang Anda miliki dihabiskan sampai-sampai Anda kekurangan uang untuk menjalani hidup selama beberapa waktu ke depan?

Jika sering mengalami hal itu, bisa dibilang Anda tidak mempunyai perencanaan keuangan yang baik dan sangat mungkin Anda memiliki beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat dirimu menghambur-hamburkan uang.

Berikut adalah empat daftar kebiasaan buruk yang dapat membuat dirimu selalu kekurangan uang, tidak peduli berapa pun gaji yang Anda miliki, seperti dikutip dari www.cekaja.com:

1. Mengeluarkan uang lebih besar dari kenaikan gaji

Tidak ada yang salah jika Anda ingin meningkatkan standar hidup selama mumpuni dan memiliki pendapatan yang besar.

Namun, apabila Anda mendapatkan kenaikan gaji, sebaiknya Anda tidak mengeluarkan biaya tambahan yang lebih banyak dari kenaikan gajimu.

Apabila hal ini terus menerus Anda lakukan, Anda akan mendapatkan situasi dimana Anda akan sangat sulit untuk menabung dan berinvestasi karena Anda sudah terbiasa dengan standar hidup yang tinggi dan di atas daripada yang seharusnya. Jadi, tetaplah bijak dalam mengontrol pengeluaranmu.

2. Tak pedulikan masa depan

Banyak sekali orang yang memilih menghindarkan diri dari suatu masalah ketika mereka mengetahui untuk mengatasi masalah tersebut sedikit sulit.

Apabila Anda juga memiliki pemikiran seperti itu, maka Anda berada dalam sebuah bencana. Mengapa? Karena hal tersebut juga berlaku terhadap permasalahan keuanganmu.

Biasanya, orang-orang lebih fokus kepada kebutuhan mereka saat ini tanpa memberikan perhatian dan pikiran mengenai kebutuhan mereka di masa depan.

Mulai sekarang, ketika Anda harus membuat sebuah keputusan mengenai urusan keuanganmu, biasakan untuk juga memikirkan dampak dari keputusanmu tersebut di masa yang akan datang. Buatlah keputusan yang terbaik untuk masa depanmu nanti.

3. Punya pemikiran terlalu dini menabung

Kebanyakan orang di usia muda berpikir terlalu dini untuk mulai menabung dan berinvestasi, dan mereka lebih sering menghabiskan uang mereka untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan.

Sebaiknya, Anda jangan pernah memiliki pemikiran seperti itu. Tidak peduli seberapa banyak pendapatanmu, rendah atau tinggi, Anda harus mulai membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian uangmu untuk menabung. Mulailah menabung dari hari ini dan sisihkan sebelum dihabiskan.

4. Tak melakukan pencatatan keuangan

Apabila Anda tidak pernah melakukan pencatatan mengenai pengeluaran dan pemasukanmu, maka Anda sudah melakukan salah satu kebiasaan buruk yang dapat merugikanmu secara finansial di masa depan.

Biasakanlah dirimu untuk mulai melakukan pencatatan dari setiap pengeluaran dan pemasukanmu, hal ini akan membuat Anda menjadi terbiasa dan lebih pintar dalam mengatur keuanganmu.

Sumber: Liputan6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar