Rabu, 06 Januari 2016

Servis Motor di AHASS SBJ Tambah Rusak


Khabaruna - Pada tanggal 24/12/2015 saya datang ke servis resmi Honda AHASS SBJ (Sinar Baru Jaya di Jl. Trunojoyo Sumenep dengan kode 05290) di sebuah dealer tempat saya membeli motor saya Vario 125 rakitan 2014. Saya datang untuk servis rencananya ingin menghabiskan jatah servis gratis terakhir.

Dalam pikiran saya dan seingat saya, karena tidak buka-buka lagi buku servis, AHASS memberikan servis gratis sampai 12000 km dan catatan spedometer saya masih belum sampai 12000, namun hampir (dalam catatan form service tercatat sebelum diservis 11809 km).

Namun ketika hendak servis, petugas AHASS mengatakan servis gratisnya sudah habis, karena sudah lebih 12 bulan. Saya lupa tidak membaca lagi buku servisnya yang menjelaskan kalau masa berlakunya servis gratis hanya 1 tahun.

"Oke lah tidak apa-apa", saya katakan kepada tukang catatnya, "saya akan bayar. Mohon dicek lampu depan motor saya nampak ada getaran. Terus starter motor saya agak berisik saat dinyalakan pertama kali." Begitu saya pesan kepada petugas tersebut.

Singkat cerita selesai motor saya diservis. Saya bawa pulang, sampai di rumah saya cek apakah masih ada suara getaran lampu depan. Ternyata suara itu masih ada. Dalam pikiran saya ini bukan pertama kalinya saya mengeluhkan masalah getaran, dari awal servis saya sudah keluhkan cuman saya biarkan, karena tetap saja ada getaran meski sudah dicek oleh AHASS, hingga saya berkesimpulan AHASS tidak bisa memperbaiki sektor ini.

Saya lihat-lihat lagi motor saya, ternyata di tutup cover motor terdapat goresan yang cukup dalam dan masih baru. Dalam pikiran saya, AHASS benar-benar tidak benar kerjanya, saya merawat cat motor saya dengan hati-hati, eh malah dirusak pas servis di AHASS. 

Rencananya saya mau komplain ke pihak AHASS, cuman saya malas karena dalam pikir saya yakin saya hanya akan ditertawain karena komplain masalah sepele. Saya putuskan untuk menutup goresan tersebut dengan skotlet. Masalah selesai untuk sementara.

Beberapa setelahnya, saya bersama keluarga jalan-jalan menggunakan motor tersebut pada malam hari. Saya merasa ada yang beda dengan sinar lampu depan motor saya. Dulu sebelum diservis ke AHASS sinarnya terang sekali, namun pada waktu itu nampak berkurang terangnya. Saya abaikan masalah tersebut, hanya dalam pikiran saya paling ini gara-gara pihak AHASS salah setting lampu.

Namun, lama-lama kok sinar lampu yang berkurang ini tambah mengganggu pikiran saya, akhirnya kemarin siang (5/1/2016), saya perhatikan lampu depan motor saya. Betapa kagetnya saya, karena ternyata lampu yang bagian kiri lebih menunduk daripada lampu yang kanan, dan tidak hanya itu saya menemukan ada bagian yang retak pada pinggiran balon lampu motor. Saya bertanya-tanya masak motor Honda yang baru dibeli setahun kaca reflektornya sudah pecah? Ini pasti akibat kesalahan pemasangan lampu oleh pihak AHASS yang kurang hati-hati.

Saya ingin sekali mengajukan komplain langsung kepada pihak AHASS SBJ, namun atas beberapa pertimbangan, saya memilih komplain lewat tulisan ini. Karena sebagaimana diketahui banyak orang betapa sulitnya melakukan klaim (karena terkadang harus saling ngotot, dan saya ingin hindari hal itu).

Mohon kepada semua AHASS, terutama AHASS SBJ untuk memperbaiki pelayanannya.

1 komentar:

  1. Sya kecewa sama ahasss sbj sumenep dmana sya kmren datang d tolak untuk service karena kesorean,"mungkin itu wajr yaa krena sya ksana jam 15:00.tp kata karyawan dsna d suruh balik hari ini pada tgl 04 juli,saya dteng lagi pada jam 13:00,malah d tolak juga..dgn alsan SUDAH PENUH".
    Terus jika seperti ini dmna pelayannan anda???menyebalkan

    BalasHapus