Kamis, 21 Januari 2016

Mulai Hari Ini 5 Planet Bersinar di Langit Sebelum Terbit Matahari



Khabaruna - Apabila cuaca mendukung, beberapa minggu ke depan, kalian yang terbiasa bangun pagi akan dimanjakan dengan sebuah kejutan dari langit.


Mulai 20 Januari, lima planet akan bersinar di angkasa, yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Kelimanya akan menyemarakkan langit sebelum matahari terbit.

Lebih dari sepuluh tahun bumi tidak mendapatkan pemandangan angkasa seperti ini. Kali ini, lima dunia akan muncul secara bersamaan di langit.

Kurator senior di planetarium Melbourn, Tanya Hill mengatakan kepada Mashable Australia bahwa fenomena ini dapat dilihat di seluruh dunia.  Bagi mereka yang berada di belahan bumi selatam, baiknya melihat langit utara kemudian turun ke arah timur. Dan untuk bagian bumi utara disarankan untuk melihat langit selatan kemudian ke arah ufuk timur.

Kelima planet ini harusnya akan terlihat dengan jelas dari tanggal 20 Januari hingga 20 Februari 2016. Di awal tahun, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus sudah terlihat. Namun, Merkurius akan melengkapi barisan planet itu di akhir Januari.

“Orang-orang kuno dahulu dapat melihat kelima planet ini tanpa harus menggunakan alat.” Ujar Hill menjelaskan untuk melihat barisan planet ini, kita tidak perlu menggunakan teleskop.

Fenomena ini merupakan bukti bagi kita semua bahwa planet-planet di luar sana bergantung pada garis ekliptik atau mengorbit pada alur yang digunakan juga oleh Matahari. “Ini mengingatkan kita bahwa kita hidup pada sebuah sistem tata surya yang datar.” Ujarnya.

Sumber: Bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar