Kamis, 19 November 2015

Belajar dari Jepang, Mengapa Lift Pakai Kaca?



Khabaruna, Tokyo - Belakangan ini jauh semakin banyak lift (elevator) di Jepang menggunakan kaca di dalamnya terutama langsung terlihat di depan kita saat pintu lift terbuka dan kita bisa melihat diri kita sendiri karena ada kaca di dalamnya. Lalu apa maksud kaca tersebut?


Banyak yang mengatakan untuk keamanan dalam lift, untuk berhias membenahi diri sebelum menghadap orang yang dituju, dan sebagainya. Tetapi jarang yang benar. Kebanyakan, 90% jawaban salah.

Lalu apa sebenarnya maksud pemasangan kaca besar dari bawah ke atas, sehingga manusia, di dalam lift tersebut?

Dari berbagai pembuat elevator Tribunnews.com mendapatkan jawaban cukup mengejutkan juga mengenai maksud dipasangnya kaca atau cermin di dalam lift.
Ternyata kaca tersebut terutama dimaksudkan untuk kalangan orang cacat yang menggunakan kursi roda.

Kalau orang pakai kursi roda, masuk ke dalam lift sebaiknya masuk begitu saja, agar orang di dalam lift tidak menunggu.


Lalu pada saat ke luar, dengan mudah orang yang pakai kursi roda bisa ke luar mundur karena ada kaca di dalam lift.

Orang tersebut sambil ke luar mundur bisa melihat kaca melihat ada hambatan orang atau tidak di belakangnya. Jadi orang yang duduk di kursi roda tak perlu melihat ke belakang. Cukup melihat ke kaca di dalam lift saja.

Lift di Jepang pakai kaca dimulai sejak sekitar 20 tahun lalu. Namun kini jumlahnya semakin banyak. Hampir semua lift di Jepang terutama di gedung bertingkat fasilitas umum seperti kantor, toserba dan sebagainya, menggunakan cermin di dalam lift nya.
Itulah guna utama dari pemasangan kaca di dalam lift.

Setelah ke luar dari lift tentu orang yang menggunkan kursi roda juga sudah bis amelihat sendiri dan barulah berbalik dan meneruskan perjalanannya.

Bagi orang yang tetap berada di dalam lift pun juga tidak perlu menunggu lama karena ada orang kursi roda tersebut, dan orang kursi roda bisa langsung ke luar mundur tanpa perlu bantuan.

Itulah maksud dari pemasangan cermin di dalam lift. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua di Indonesia terutama bagi yang melihat lift, di dalamnya ada cermin.

Sumber: TribunNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar