Senin, 19 Oktober 2015

5 Manfaat tak terduga garam dapur dalam kehidupan sehari-hari



Khabaruna - Garam dapur yang kita gunakan sehari-hari itu punya manfaat lebih dari sekadar menyedapkan masakan, lho. Butiran garam ternyata bisa digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga, antara lain membersihkan noda membandel dan mengobati gigitan serangga.

Simak 5 manfaat mengejutkan garam dapur yang dirangkum dari Little Things berikut.


Manfaat 1: Hilangkan noda kopi di cangkir

Kopi dapat menodai mug dan cangkir. Noda ini biasanya sulit dibersihkan dan menjadikan cangkir kita ternoda lingkaran coklat.

Untuk mengatasinya, campurkan satu sendok makan garam dan cuka. Gunakan untuk menghilangkan noda kopi.

Manfaat 2: Singkirkan bau amis

Tangan kamu amis karena bau ikan atau terasi? Hilangkan bau amis yang membandel dengan garam. Gosok tangan yang masih basah dengan satu sendok makan garam. Dalam sekejap bau amis akan hilang.

Manfaat 3: Menghilangkan bau di sepatu

Sepatu kamu sering berbau tidak sedap? Nah, garam bisa menggantikan fungsi kapur barus, lho. Taburkan sejumput di bagian dalam sepatu pada malam hari. Diamkan semalaman, kemudian keluarkan pada pagi hari. Bau tak sedap dijamin hilang.

Manfaat 4: Mengatasi gigitan serangga

Gatal atau pedih karena sengatan serangga pun bisa diatasi dengan garam dapur. Cukup basahi kompres dengan air. Taburkan garam pada bekas sengatan, kemudian tutupi dengan dengan kompres.

Manfaat 5: Hilangkan busa berlebih

Kamu pasti sering menuangkan terlalu banyak deterjen atau sabun cuci sampai busa di wastafel membludak. Daripada kerepotan menyingkirkan busa, cukup taburkan sejumput garam. Busa yang melimpah pun hilang dalam sekejap mata.

Sumber: Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar