Rabu, 23 September 2015

Nah...! Ini dia Faktor-faktor Kesuburan, Ibu-ibu Perlu Tahu (Bagian II)


Lanjutan...

5. Merokok dan alkohol

Merokok tidak hanya dapat membuat Ibu berisiko terserang penyakit berbahaya. Tak hanya itu, American Society for Reproductive Medicine menungkapkan bahwa merokok bisa menurunkan peluang kehamilan dan juga mengganggu perkembangan janin.


Bahkan merokok juga menjadi penyebab 13 persen kasus infertilitas dan dapat merusak DNA, baik pria atau wanita.

Sementara mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak terbukti lebih sering menjalani terapi untuk kehamilan.

6. Gangguan tiroid

Jika Ibu belum hamil, tidak ada salahnya untuk memeriksa kadar tiroid Ibu karena gangguan tiroid juga dapat mempengaruhi proses ovulasi dan kehamilan.

7. Kafein

Kafein ternyata dapat mengganggu kontraksi otot yang dapat membantu sel telur berpindah dari ovarim melalui tuba falopi ke rahim yang menyebabkan Ibu menjadi sulit hamil.

8. Bertambahnya usia

Saat seorang wanita mengalami menopause, ia tidak akan bisa lagi memproduksi sel telur dan tentunya akan membuatnya tidak hamil.

Akan tetapi, beberapa tahun sebelum seorang wanita mengalami menopause, maka ia akan mengalami gangguan kesuburan karena jumlah sel telurnya yang berkurang.

Kebanyakan dokter mengatakan bahwa pada usia di atas 35 tahun maka peluang kehamilan pada Ibu akan mengalami penurunan.

9. Faktor Ketuhanan

Bagi ibu-ibu yang sampai saat ini belum memiliki keturunan, namun tidak ada masalah dengan faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas, maka janganlah bersedih karena masih ada faktor lain yang paling penting dan paling berpengaruh dari semua yang telah disebutkan, yaitu faktor ketuhanan.

Faktor ini jauh lebih berpengaruh dari faktor-faktor yang lain. Tidak sedikit orang yang secara medis sudah dianggap mustahil punya anak, namun ketika Allah berkehendak lain, maka dia memiliki keturunan.

Untuk faktor yang satu ini tidak banyak yang perlu dilakukan, hanya berdo'a dan menyerahkan sepenuhnya urusan kepada Allah.

Referensi: Bangka Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar