Kamis, 24 September 2015

Begini Serunya 'Idul Adha di Pondok Al-Amien Prenduan


Khabaruna, Prenduan - Berhari raya 'Idul Adha di pondok tidaklah seperti berlebaran di rumah sendiri. Kalau berhari raya di rumah kita berkumpul dengan segenap keluarga di rumah dan orang-orang terdekat dari keluarga.


Namun akan terasa berbeda dengan berlebaran di pondok maka cita rasanya sangatlah berbeda. Para santri merayakannya dengan sesama santri dan ustadz-ustadzah yang menemani santri dan berhari raya di pondok.

Sesuatu yang sangat berbeda adalah nilai kebersamaaan antar sesama perjuangan dalam mencari ilmu bagi santri dan nilai perjuangan dalam menjaga santri bagi ustadz maupun ustadzah yang tinggal bersama santri.

Dalam pelaksanaan shalat 'Idul Adha kali ini, seluruh santri Al-Amien putra melakukannya di dalam masjid jami', sedangkan santri Al-Amien puteri melakukannya di halaman samping masjid jami', di area taman masjid dengan suana shalat di atas rumput yang hijau memenuhi taman.

Suana hari raya tambah seru setelah selesai shalat. Para santri bersalaman dengan seluruh ustadz yang mereka jumpai setelah shalat dan dilanjutkan dengan silaturrahim ke rumah guru-guru dalam pondok pesantren Al-Amien Prenduan. Hal ini menambah suasana kedekatan dan penghormatan dari santri kepada guru-guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar