Senin, 17 Agustus 2015

Santri Al-Amien Prenduan Kibarkan Merah Putih



Khabaruna: Prenduan – Tanggal 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan RI, dan pada tahun 2015 ini merupakan hari peringatan kemerdekaannya yang ke 70. Layaknya warga negara Indonesia yang baik dan memiliki jiwa nasionalisme, santri Pondok Pesantren Al-Amien memperingatinya dengan mengikuti upacara yang dikenal dengan upacara 17 Agustusan.

Namun dalam peringatan 17 Agustusan ini santri Al-Amien Prenduan dibagi-bagi sesuai lokasi atau tempat belajar mereka. Bagi santri laki-laki dari kelas I (setingkat kelas VII) sampai kelas IV (setingkat kelas X) MTA (Ma'had Tahfidh Al-Qur'an) Al-Amien mengikuti upacara di depan PUSPAGATRA (Pusat Kegiatan Santri Putra) bersama santri-santri Putra lainnya dari TMI (Tarbiyatul Mu'allimin) dan IDIA (Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien). Sedangkan santri puteri mengikuti upacara yang dilaksanakan di putri.


Sedangkan kelas V (setara kelas XI) beserta kelas VI (setara kelas XII) MTA mengikuti upacara bersama tingkat kecamatan di lapangan Prenduan, sekitar 1 Km ke arah Timur dari Al-Amien Prenduan, bersama kelas V TMI (setara kelas XI) dan siswa-siswi dari sekolah-sekolah yang berada di kecamatan Pragaan, mulai dari sekolah tingkat SD hingga MA, ditambah lagi dengan para pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di kecamatan Pragaan kabupaten Sumenep.

Santri Al-Amien Prenduan berangkat ke tempat upacara pada jam 06.00 dengan jalan kaki, berbaris pertingkatan kelas atau yang biasa dikenal dalam istilah pondok pershof (kelas yang digabung menjadi satu, baik itu kelas IPS, IPA, atau yang jurusan Keagamaan). Setelah tiba di lapangan mereka mengambil posisi barisan, dan upacara pun dimulai pada jam 7.00. Upacara dimulai dengan instruktur upacara menempati tempat, yang dalam kesempatan ini diisi oleh bapak camat untuk kecamatan Pragaan.


Dalam upacara Agustusan tingkat kecamatan kali ini santri Al-Amien ditunjuk untuk menjadi Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (PASKIBRAKA). Dalam hal ini Al-Amien Prenduan menugaskan santri TMI kelas VI untuk melaksanakannya yang dipimpin oleh saudara Hermawan Muda, santri kelas VI TMI asal Madiun, dan mereka melaksanakan tugasnya dengan baik hingga acara selesai pada jam 8.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar