Senin, 31 Agustus 2015

Punya Tiga Hal Ini? Anda Akan Menjadi Manusia Paling Bahagia



Khabaruna: Menjadi orang yang hidup bahagia merupakan keinginan setiap individu yang tinggal di planet bumi. Namun kebahagiaan itu sendiri merupakan benda abstrak yang tidak dilihat oleh siapapun kecuali dirasakan oleh diri sendiri. Kebahagiaan seseorang tidak bisa diukur oleh gaya atau penampilan seseorang.


Banyak yang beranggapan bahwasanya seseorang dianggap bahagia apabila punya banyak harta, rumah mewah, kendaraan banyak dan memiliki kekuasaan. Namun tidak sedikit kita jumpai orang yang dilingkiri oleh berbagai kenikmatan duniawi tersebut, dan menurut pandangan mata manusia sudah masuk kategori bahagia, malah mengakhiri hidupnya dengan jalan yang tidak seharusnya, seperti bunuh diri maupun mengkonsumsi obat-obat terlarang yang seharusnya tidak akan dilakukan oleh manusia yang hidup bahagia.

Lalu seperti apa sebenarnya orang yang bahagia?

Layaknya benda-benda abstrak lainnya, maka kebahagiaan tidaklah bisa diukur dengan hal-hal yang bersifat real. Penilaian secara dhahir hanya akan menipu cara pandang manusia. Tidak semua orang yang berpakaian bagus dan mahal adalah orang bahagia, dan tidak semua orang yang pakaiannya jelek dan murah merupakan orang sengsara. Malah sebaliknya, tidak sedikit orang yang secara dhahir melarat, namun ia merupakan orang yang paling bahagia di dunia ini.

Untuk menjadi orang yang paling bahagia di dunia ini, Islam memberikan tips berikut:

1. Ketahui bahwasanya Allah selalu bersama anda

Orang yang bahagia akan selalu merasa aman dalam kehidupannya, tenang dan tidak akan merasakan kekhawatiran akan apapun yang menimpa dirinya. Hal ini hanya akan dimiliki oleh orang yang memiliki keyakinan penuh akan kehadiran Allah dalam kehidupannya. Ia merasa yakin bahwasanya Allah yang Maha Kuasa akan selalu melindungi dan memberikan apapun yang ia butuhkan. Perasaan ini tidak akan dimiliki oleh orang yang hanya percaya pada yang real dan tidak percaya pada kehadiran Tuhan, karena manusia dan makhluk lainnya selain Tuhan selalu memiliki keterbatasan dan kepentingan tersendiri.

2. Bersabarlah terhadap musibah yang menimpa anda

Hidup ini memang tidak selalu penuh dengan kenikmatan dan kemudahan, namun terkadang hidup kita akan dihampiri dengan hal yang namanya musibah atau cobaan maupun kesulitan yang rasanya kurang mengenakkan pada diri kita. Akan tetapi bagi orang yang yakin akan kehadiran Allah, musibah yang datang tetap akan dihadapi dengan kesabaran. Dengan rasa kesabaran yang dilandaskan oleh perasaan kehadiran Allah dalam kehidupannya, maka orang tersebut akan tetap merasa bahagia ketika ia berada dalam masalah.

3. Selalu menerima pemberian Allah

Orang yang selalu merasa kurang akan pemberian Allah, tidak akan pernah merasa bahagia. Hal ini disebabkan karena apapun yang ia miliki, ia akan merasa tidak sesuai ataupun kurang dari yang ia inginkan, dan selamanya ia tidak akan merasa bahagia dan akan selalu gelisah memikirkan kekurangan-kekurangan yang tidak akan pernah selesai dalam kehidupannya. Tidaklah cukup bagi dia memiliki satu, melainkan ia akan memikirkan untuk punya dua, tiga, empat, dan seterusnya.

Hal ini berbeda dengan orang yang selalu menerima pemberian atau nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya. Orang tersebut tidak akan pernah gelisah memikirkan kekurangan-kekurangan yang ia miliki, apalagi menyibukkan diri untuk  mencari-cari kekurangan orang lain. Apa yang ia dapatkan dari Allah ia akan terima dan syukuri. Dan selama itu pula ia akan merasa bahagia dengan apa yang ia dapatkan dari Allah.

Apabila anda memiliki ketiga hal tersebut di atas, maka tidak ada yang lebih bahagia dari anda. Anda adalah orang paling bahagia di dunia ini. Tidak peduli kondisi ekonomi anda, tidak peduli dengan kendaraan maupun rumah anda. Kehidupan anda akan tetap bahagia karena keyakinan akan kehadiran Allah, kesabaran, dan rasa menerima pada pemberian-Nya akan membuat jiwa anda tenang dan aman, berada dalam lindungan Allah SWT. Amien. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar