Selasa, 04 Agustus 2015

KH. Zainullah Rais: “Mengajar Satu Ayat Al-Qur'an Lebih Baik dari Shalat Seratus Raka'at”



Prenduan – Dalam acara Rapat Guru Lengkap (RGL) Ma'had Tahfidhil Qur'an Al-Amien (MTA) yang dilaksanakan kemarin (2/8/2015) KH. Zainullah Rais, Lc. mewakili pimpinan dan pengasuh pondok pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Maktum Jauhari, MA., berkesempatan menyampaikan banyak hal terutama yang berkaitan dengan proses berjalannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas.

Diantara isi pidato yang beliau sampaikan adalah pentingnya guru-guru tahu bahwasanya di dalam mengajar tidak hanya mengandung unsur-unsur pelajaran semata sebagaimana yang tertulis dalam kurikulum melainkan dalam mengajar di situ ada unsur-unsur ibadah, sehingga ketika seorang guru mengajar maka dia tidak hanya sekedar menyampaikan isi buku, melainkan juga ia sedang melakukan kegiatan suci yang bernilai pahala di sisi Allah.

Beliau mengutip hadits Rasulullah yang berbunyi: “Antu'allima ayatan minal qur'an khairun min an tushalliya mi'ata rak'atin” (Mengajar satu ayat Al-Qur'an lebih baik daripada shalat seratus raka'at).

Dari hadits Rasulullah ini beliau mengingatkan bagaimana mudahnya seorang yang mengajar Al-Qu'ran melakukan kegiatan yang bernilai sama dengan orang yang shalat seratus raka'at. Jika orang biasa melakukan shalat seratus raka'at, maka kita bisa bayangkan berapa lama ia harus menyelesaikan seratus raka'at, bisa-bisa dua jam tidak cukup dan mungkin butuh lebih dari tiga jam untuk menyelesaikannya. Namun menurut beliau bagi seorang “muhaffidh” (orang yang mengajar menghafal Al-Qur'an) seratus raka'at tidaklah butuh banyak waktu, mungkin hanya satu menit atau bahkan kurang.


Dengan keistimewaan ini beliau mengajak semua guru-guru yang ada di Ma'had Tahfidhil Qur'an Al-Amien Prenduan untuk lebih giat lagi untuk mengajar dan mengumpulkan pahala yang tidak hanya akan dibalas di dunia namun juga di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar