Minggu, 16 Agustus 2015

4 Langkah yang Penting Dilakukan Sebelum Berangkat Haji


TEMPO.CO,Jakarta- Mulai Kamis, 20 Agustus 2015, rombongan pertama jamaah calon haji dari Indonesia sudah akan diberangkatkan ke Tanah Suci.� Tjandra Yoga Aditama, Kepala Bandan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) dari Kementerian Kesehatan Indonesia, mengungkan 4 persiapan yang harus dilakukan oleh Jamaah Haji Indonesia sebelum hari keberangkatan.

Pertama, Para calon Jemaah Haji disarankan untuk kembali memeriksakan kesehatan mereka seecara rinci ke dokter yang biasa dikunjungi. Tiga tujuan utama dilakukannya pemeriksaan ulang ini diantaranya: Agar penyakit bisa dideteksi lebih awal dan masih ada waktu untuk mengatasinya.

Selain itu pemeriksaan itu juga penting agar terhindar dari penyakit MERS Cov. Data menunjukkan penderita penyakit ini adalah mereka yang sebelumnya sudah memiliki penyakit penyerta misalnya paru kronik, jantung kronik, diabetes, hipertensi, dan lain-lain. Maka dari itu siapapun yang memiliki penyakit ini perlu lebih berhati-hati menjaga kesehatan dan lebih seksama menyiapkan persediaan obat-obatan. Dan terakhir, jika jamaah memiliki masalah kesehatan, mintalah surat keterangan dokter untuk diserahkan di kloer dokter di Arab Saudi.

Kedua, melakukan olah raga secara teratur seperti jalan kaki sebanyak 3-4 kali per minggu. Hal ini penting dilakukan karena saat menjalankan ibadah haji akan ada 4 rute jalan kaki yang cukup jauh yaitu tawaf, sai, jalan dari hotel/pondok ke masjid atau jalan ke tempat lainnya misalnya ziarah atau jika ingin berbelanja.

Ketiga, jika jemaah haji berangkat bersama orang tua berusia lanjut atau sakit-sakitan, selain menyiapkan obat-obatan, jemaah haji juga dituntut untuk mengetahui lebih rinci mengenai tempat penyewaan kursi roda atau kemungkinan ikut safari wukuf.

Keempat, mulai mengenal dan mempelajari tentang fasilitas dan pelayanan kesehatan yang ada di Arab Saudi saat musim haji. Tak hanya itu, para calon jamaah juga disarankan untuk mempelajari situasi kesehatan atau wabah penyakit yang mungkin muncul pada saat musim haji tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar