Senin, 31 Agustus 2015

Punya Tiga Hal Ini? Anda Akan Menjadi Manusia Paling Bahagia



Khabaruna: Menjadi orang yang hidup bahagia merupakan keinginan setiap individu yang tinggal di planet bumi. Namun kebahagiaan itu sendiri merupakan benda abstrak yang tidak dilihat oleh siapapun kecuali dirasakan oleh diri sendiri. Kebahagiaan seseorang tidak bisa diukur oleh gaya atau penampilan seseorang.


Minggu, 30 Agustus 2015

Momen Langka Juru Foto Tabrak Atlet Lari



Liputan6.com, Beijing - Seorang juru foto yang meliput Kejuaraan Atletik Dunia 2015 di Beijing, Tiongkok, secara tak sengaja menabrak atlet lari dengan Segway --kendaraan listrik roda dua -- yang dikendarainya. Padahal, saat itu ia sedang berusaha mengabadikan saat-saat kemenangan lari 200 meter oleh Usain Bolt (29) dari Jamaika mengalahkan Justin Gatlin (33).


Sabtu, 29 Agustus 2015

Khabaruna Mengucapkan Terima Kasih Kepada Neo Cell




Khabaruna, Prenduan: Rezeki, musibah, jodoh, kelahiran, dan kematian merupakan kehendak dari Allah SWT. Ketika Allah menghendaki sesuatu untuk terjadi, maka hal itu akan terjadi. Tidak ada yang bisa menghadang apapun yang akan Allah tentukan kepada hamba-Nya.

Demikian pula yang terjadi di dalam newsroom Khabaruna. Tadi malam (Jum'at, 28/8/2015) telah terjadi sesuatu yang menyebabkan beberapa alat elektronik mati disebabkan voltage listrik yang tidak stabil.

7 Tanda Anda Lebih Cerdas dari Yang Lain


Apa yang membuat seseorang lebih pintar dari orang lain? Inilah pertanyaan yang selalu menggelayuti pikiran para ilmuwan selama puluhan tahun.

Tetapi setelah melakukan sejumlah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa kepintaran seseorang bisa disebabkan oleh berbagai macam.

Jumat, 28 Agustus 2015

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Mudah



Hipertensi atau penyakit darah tinggi ialah salah satu resiko pada diri seseorang dengan jumlah tekanan darahnya berada di batas normal. Dari penyakit ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman hingga beberapa resiko yang lain. Yang mana penyakit ini bisa menjadi sangat berbahaya dan dapat menghambat aktifitas setiap harinya bilamana tidak ada tindakan yang lebih lanjut. 

Perawatan yang bisa dilakukan tidaklah sulit, seperti halnya dengan beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa dilakukan secara alami. Cara yang natural ini akan menjauhkan tubuh dari unsur kimia yang dikonsumsi dari beberapa obat-obatan.

Kamis, 27 Agustus 2015

Penganut Hindu di India Menurun, Umat Muslim Meningkat



TEMPO.CO , New Delhi:Sebuah hasil survei terbaru di India menunjukan adanya penurunan terhadap populasi Hindu India, dan rasio umat muslim mengalami peningkatan.

Seperti yang dilansir Channel News Asia pada 26 Agustus 2015, populasi penganut Hindu di India turun di bawah 80 persen untuk pertama kalinya sejak kemerdekaan. Sementara itu, populasi umat Islam semakin meningkat.

Rabu, 26 Agustus 2015

Al-Amien Hibur Santri TMI dengan Perkemahan Khutbatul 'Arsy.


Khabaruna: Prenduan: Dalam beberapa hari, selama tiga hari sejak tanggal 24-26, Pondok Pesantren Al-Amien memberikan hiburan kepemimpinan dan pendidikan kepada segenap santri Tarbiyatul Mu'allimin (TMI) dalam bentuk perkemahan yang disebut dengan perkemahan Khutbatul 'Arsy.

Perkemahan Khutbatul 'Arsy ini merupakan perkemahan pramuka bagi santri putra untuk memberikan hiburan sekaligus tambahan pendidikan demi mengasah kedisiplinan dan kepemimpinan pada jiwa segenap santri.

Jamaah Haji Meninggal Akan Dibadalhajikan


Info kemenag: Madinah (Pinmas) —- Keluarga jamaah haji tidak perlu repot mengurus badal haji bila keluarganya yang berangkat haji meninggal dunia dalam proses perjalanan menuju Tanah Suci. Kepala Daerah Kerja Madinah Nasrullah Jasam menjelaskan bila ada jamaah yang meninggal dunia, ketua Kelompok Penerbangan (kloter) akan melaporkan hal itu ke kantor Daerah Kerja (Daker). Nantinya, jamaah yang meninggal itu akan dibadalhajikan di bawah tanggungjawab Daker Makkah, khususnya Kepala Seksi Bimbingan Ibadah.

Selasa, 25 Agustus 2015

Tips Lancar Berbahasa Inggris


Okezone: KEMAMPUAN berbahasa Inggris lahir dari proses belajar yang terus-menerus. Tapi, enggak semua orang yang mahir berbahasa Inggris mendapat kemampuan itu dari pendidikan formal. Kita juga bisa kok lancar berbahasa Inggris, caranya dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

Berpikiran terbuka

Academic Operations Manager EF, Andy Lockley, menyarankan setiap pembelajar bahasa Inggris berpikiran terbuka tentang proses belajar tersebut. Ia meyakini banyak keuntungan dari mempelajari bahasa Inggris.

Heboh Pria Bernama Tuhan: MUI Minta KTP-nya Ditarik...


TEMPO.CO, Surabaya -Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur   menganjurkan agar orang-orang sekitar menyadarkan Tuhan untuk segera mengganti namanya. Bahkan meminta petugas pencatatan sipil untuk menarik kartu identitas, agar empunya nama itu untuk sementara tak bisa mengakses layanan publik.

"Disadarkanlah untuk menambah namanya. Jadi biar sementara tidak dapat mengakses layanan pemerintah, sampai dia mengganti namanya," tutur Ketua Umum MUI Jawa Timur KH Abdusshomad Bukhori kepada wartawan di Hotel Garden Palace Surabaya, Senin, 24 Agustus 2015.

Senin, 24 Agustus 2015

Pawai 17 Agustusan: Antara Kebanggaan dan Kemacetan



Khabaruna: Prenduan: Setiap tahun pada bulan Agustus semua warga negara Indonesia memperingati hari kemerdekaannya dengan berbagai acara, diantaranya dengan mengadakan pawai yang diisi dengan berbagai tema.

Tidak ketinggalan dalam hal ini Kecamatan Pragaan mengadakan pawai pada hari ini, Senin 24/8/2015. Peserta pawai diikuti oleh berbagai elemen lembaga kemasyarakatan, baik lembaga pendidikan, mulai dari tingkat TK/RA hingga SMA/MA, maupun lembaga perangkat desa dan kecamatan di Pragaan Sumenep Madura.

Ini Dia Partikel Hantu: Bisa Menyelinap, Melesat Cepat..,



TEMPO.CO, Gran Sasso - Menggunakan tong raksasa berisi cairan organik, yang terkubur di bawah sebuah gunung di Italia, para ilmuwan mencari cara untuk mengungkap asal-usul neutrino alias si partikel hantu. Selain itu, menurut para peneliti, apa yang mereka kerjakan juga dapat mencari tahu unsur-unsur radioaktif yang terletak jauh di bawah bumi dan pengaruhnya terhadap jeroan di bawah bumi, termasuk neutrino. 

Neutrino, si partikel hantu, adalah partikel subatomik yang lahir dari reaksi nuklir dan peluruhan zat radioaktif dari atom yang tidak stabil. Berat partikel hantu ini 500 ribu kali lebih ringan ketimbang elektron. 

Minggu, 23 Agustus 2015

Alhamdulillah, Ada Masjid di Bandara Terbesar Amerika



REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Sebagai bandara terbesar di Amerika, ternyata bandara John F Kennedy International airport (JFK IA) menyediakan masjid. Masjid selesai dibangun pada 2001setelah satu dekade penantian persatuan asosiasi muslim. Masjid tersebut terletak di terminal 4 JFK IA.

Ketersediaan masjid menjadi penting untuk menyalurkan keperluan ibadah penumpang muslim yang terus meningkat. Selain masjid, JFK IA juga menyediakan tempat ibadah bagi umat Kristen yang dibangun pada 1955, jauh sebelum pendirian masjid. 

Sabtu, 22 Agustus 2015

Kewajiban Baru Muslim: Lawan Perubahan Iklim, Jangan Sombong di Bumi

KOMPAS.com- Para pemimpin Islam dari 20 negara menyerukan agar diambil langkah segera untuk mengatasi pemanasan global, sesuai dengan ajaran Islam mengenai hal ini.

Para peserta Simposium Islam Internasional tentang Pemanasan Global di Istanbul, Turki, menyerukan agar negara-negara di dunia membuat kesepakatan yang mengikat dan adil tentang perubahan iklim dalam KTT di Paris bulan Desember mendatang.

Jumat, 21 Agustus 2015

4 Amalan Yang Bisa Buang Kesedihan


SEDIH merupakan bagian dari fitrah manusia. Tak satupun manusia bisa lepas dari kepedihan, termasuk para Nabi dan Rasul. Semua hampir bisa dipastikan pernah mengalami yang namanya lara.

Nabi Ya’kub sampai kehilangan penglihatan karena menahan amarah kepada saudara Nabi Yusuf dan kepedihan karena kehilangan Nabi Yusuf Alayhissalam. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alayhi Wasallam pun tak sanggup untuk tidak bermuram durja kala kehilangan istri dan paman tercintanya, Abu Tholib.

Kamis, 20 Agustus 2015

Al-Amien Prenduan Milik dan Tanggung Jawab Kaum Muslimin



Khabaruna: Prenduan: KH. Maktum Jauhari dalam kesempatan ta'aruf fungsionaris Al-Amien Prenduan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Agustus 2015, di masjid Al-Amien Prenduan menegaskan kepada seluruh santri dan asatidz yang hadir saat itu bahwasanya Al-Amien Prenduan bukanlah lembaga yang dimiliki secara individu melainkan merupakan wakaf yang dipercayakan oleh masyarakat kaum Muslimin untuk dijaga dan dikelola bersama demi kepentingan pendidikan umat Islam.

Rabu, 19 Agustus 2015

Anak Keluarga Pendeta Masuk Islam dalam Parade Tauhid


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – ParadeTauhid Indonesia yang digelar Ahad (16/8) kemarin telah mengubah jalan hidup seorang non-Muslim. Steven Indra Wibowo dari Mualaf Centre Indonesia membenarkan dirinya telah mengislamkan seorang pemuda Protestan dalam Parade Tauhid di Gelora Bung Karno, Senayan.

“Dia peserta jogging,” kata Indra kepada Republika, Selasa (18/8).

Selasa, 18 Agustus 2015

Waduh...Unggah Mobil Polisi yang Salah Parkir, Wanita Ini Malah Didenda

REPUBLIKA.CO.ID, -- Seorang wanita di Spanyol harus menelan pil pahit lantaran didenda sebesar 800 Euro (Rp 12.224.033) setelah mengunggah foto mobil polisi yang parkir sembarangan di tempat parkir orang berkebutuhan khusus.

Hal ini menambah daftar terbaru soal perdebatan hukum terkait hukum keamanan masyarakat di media sosial atau yang disebut "gagging law".

Senin, 17 Agustus 2015

Santri Al-Amien Prenduan Kibarkan Merah Putih



Khabaruna: Prenduan – Tanggal 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan RI, dan pada tahun 2015 ini merupakan hari peringatan kemerdekaannya yang ke 70. Layaknya warga negara Indonesia yang baik dan memiliki jiwa nasionalisme, santri Pondok Pesantren Al-Amien memperingatinya dengan mengikuti upacara yang dikenal dengan upacara 17 Agustusan.

Namun dalam peringatan 17 Agustusan ini santri Al-Amien Prenduan dibagi-bagi sesuai lokasi atau tempat belajar mereka. Bagi santri laki-laki dari kelas I (setingkat kelas VII) sampai kelas IV (setingkat kelas X) MTA (Ma'had Tahfidh Al-Qur'an) Al-Amien mengikuti upacara di depan PUSPAGATRA (Pusat Kegiatan Santri Putra) bersama santri-santri Putra lainnya dari TMI (Tarbiyatul Mu'allimin) dan IDIA (Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien). Sedangkan santri puteri mengikuti upacara yang dilaksanakan di putri.

Minggu, 16 Agustus 2015

Tentara Asing Paksa Turunkan ‘Merah Putih’

BANJARMASINPOST.CO.ID, MERAUKE- Menjelang HUT ke-70 kemerdekaan justru berembus kabar yang memantik rasa nasionalisme masyarakat Indonesia.

Betapa tidak, warga Dusun Yakyu, Kampung Rawa Bening, Distrik Sota, Merauke, Papua, mendapat tekanan agar tidak mengibarkan bendera kebangsaan Merah Putih.

4 Langkah yang Penting Dilakukan Sebelum Berangkat Haji


TEMPO.CO,Jakarta- Mulai Kamis, 20 Agustus 2015, rombongan pertama jamaah calon haji dari Indonesia sudah akan diberangkatkan ke Tanah Suci.� Tjandra Yoga Aditama, Kepala Bandan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) dari Kementerian Kesehatan Indonesia, mengungkan 4 persiapan yang harus dilakukan oleh Jamaah Haji Indonesia sebelum hari keberangkatan.

Sabtu, 15 Agustus 2015

Inilah Gunung Pelangi Di China yang Diceritakan Al-Quran




Hidayatullah.com—Beberapa minggu ini  penduduk dunia virtual (netizen) heboh dengan fenomena gunung pelangi dan warna-warni  (rainbow mountain). Semula, kabar adanya gunung pelagi itu hanya hoax. Namun belakangan, fenomena itu makin terungkap setelah berbagai tulisan dan video amatir menambahi fakta baru.

Adalah Danaxia Landform fenomana lanskap yang ditemukan di sebelah tenggara dan barat daya China,  terdiri dari tebing-tebing lengkung warna-warni. Tepatnya berada di Kota  Zhangye, di Provinsi Gansu, China.

Jumat, 14 Agustus 2015

Ini Alasan Nabi Muhammad Tidak Boleh Dilukis dan Dipublikasikan


Sebagaimana kita semua tahu, Nabi Muhammad sangat dilindungi oleh umat Islam dan ini alasan wajah Nabi Muhammad tidak boleh dilukis dan dipublikasikan ke orang, bahkan umat Islam sendiri pun tidak tahu wajah Nabi-nya sendiri itu seperti apa. Apakah dengan tidak mengetahui wajah Nabi Muhammad, para pemeluk Islam benar-benar bangga akan hal itu? Tapi apa alasannya? Ada juga yang penasaran mengapa lukisan wajah asli Nabi Muhammad tidak pernah ditemukan dan jawabannya bakal kita ulas kali ini supaya bisa menjawab pertanyaan banyak orang, termasuk orang-orang Islam sendiri yang mungkin juga tengah bertanya-tanya


Alquran Tertua Berlapis Emas Ditemukan di India



REPUBLIKA.CO.ID, KARANATAKA -- Kembali ditemukan salinan Alquran yang kini berasal dari tanah India. Salinan ini diyakini berasal dari periode penguasa Mughal, Akbar yang menjadi pemimpin setidaknya empat abad lalu.

"Meskipun saya telah melihat banyak salinan Alquran di India, saya belum melihat satu pun yang setua ini," ujar sejarawan Prof Sheikh Ali kepada The Hindu yang dilansir dari OnIslam, Kamis (13/8).

5 cara Ampuh Jaga Ginjal Tetap Sehat


Ginjal merupakan salah satu organ vital didalam tubuh manuisa. Ginjal merupakan alat penyaringan darah yang berbentuk seperti kacang, yang terdiri dari 2 buah dan memiliki ukuran sekitar 10 hingga 15 cm. Peran ginjal sangat penting karena ginjal salah satu dari sistem ekskresi manusia.

Ginjal memiliki peran sangat fital dalam tubuh manusia yaitu menyaring darah, membentuk urine, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mempertahankan keseimbangan kadar asam basa, mengatur kadar kalium dalam darah, memproses ulang zat dan berbagai fungsil lainnya. Meskipun ginjal memiliki peran yang sangat vital, namun banyak manusia yang tidak bisa menjaga kesehatan ginjalnya dengan pola hidupnya yang tidak sehat.

Kamis, 13 Agustus 2015

Peningkatan Mutu Madrasah Butuh Rp 24 Triliun


TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Agama membutuhkan biaya Rp 24 triliun untuk mendanai program peningkatan mutu madrasah. Jumlah itu berasal dari beberapa sumber pendanaan selain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.
"Angka itu tak termasuk biaya rutinitas seperti BOS atau lainnya," kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin di sela peluncuran grand design peningkatan mutu madrasah, Rabu, 12 Agustus 2015.

Selasa, 11 Agustus 2015

Papan Pengumuman Nabi Muhammad SAW Tersebar di Amerika Serikat


REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Kampanye melalui papan pengumuman Nabi Muhammad SAW guna meningkatkan kesadaran tentang Islam telah sampai di area pantai.
Kampanye bersifat nasional ini dilakukan demi menghalau mitos buruk tentang Islam.
Kampanye tersebut dipelopori organisasi Muslim Amerika yang bermarkas di New York,Islamic Circle of North America (ICNA).

Senin, 10 Agustus 2015

Subhanallah...Bayi Unik, Lahir dengan Membawa Alquran

Viva - Subhanallah,, Bayi Unik, Lahir dengan Membawa Alquran dari dalam rahim sang ibu yang mengandungnya. benar- benar kuasa Allah yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun yang ada di dunia. Sungguh begitu luar biasa peristiwa bayi lahir dengan membawa Alquran ini memang suatu kejadian diluar akal pikiran manusia namun hal itu benar ada dan nyata.

Minggu, 09 Agustus 2015

Apakah Pamflet Cabup dan Cawabup ini Punya Makna Tersembunyi?



Opini – by Sidiq Mustakim

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya hari Jum'at 7/8/2015, penulis berkesempatan untuk berjalan-jalan mengamati keadaan yang terjadi sepanjang jalan Prenduan-Sumenep. Sepanjang perjalanan ternyata ada hal yang sedikit menyita pandangan penulis, yaitu ada banyak sekali pamflet bergambar pasangan Cabup dan Cawabup Sumenep.

Kamis, 06 Agustus 2015

Potensi Ponpes Jadikan Indonesia Pusat Studi Islam Dunia


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pondok pesantren memiliki kontribusi terhadap pembinaan nilai-nilai Islam di Indonesia. Karena itu, pondok pesantren mampu memainkan peran signifikan dalam menciptakan tatanan sosial kemasyarakatn yang damai, toleran, dan menjunjung tinggi nila-nilai kemanusiaan.
Dirjen Pendidikan Islam kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengatakan, melalui jaringan intelektual yang dikembangkan alumni pondok pesantren yang kemudian berperan pada sejumlah lembaga pendidikan Islam seperti madrasah diniyah yang tersebar di lingkungan masyarakat.

Rabu, 05 Agustus 2015

Masya Allah... 601 Santri Baru Siap Menghafal Al-Qur'an di MTA



Khabaruna: Prenduan – Sebagaimana dilaporkan sebelumnya bahwasanya akhir pendaftaran santri baru Ma'had Tahfidhil Qur'an Al-Amien (MTA) Prenduan untuk gelombang ke dua secara formal ditutup pada hari ini, Rabu 5 Agustus 2015. Namun secara tidak formal MTA akan tetap menerima apabila ada santri baru yang memiliki keinginan untuk menghafal Al-Qur'an di luar tanggal tersebut selama tempat, sarana, dan tenaga pengajar memungkinkan.

Al-Amien Prenduan kembali memberangkatkan santrinya ke Al-Azhar University Cairo




Khabaruna: Prenduan – Hubungan Al-Amien Prenduan dengan kampus-kampus di Timur Tengah sejak dulu terjalin dengan baik. Hal ini ditampakkan dengan rutinnya Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan mengutus alumninya ke daerah-daerah Timur Tengah seperti Arab Saudi, Yaman, Turki dan Mesir. Baik santrinya yang berasal dari Tarbiyatul Mu'allimin al-Islamiyah (TMI) maupun Ma'had Tahfidhil Qur'an Al-Amien (MTA), ataupun lembaga-lembaga lain yang berada di bawah naungan Al-Amien Prenduan.

Samsung Ingin Gantikan Papan Tulis dengan Layar


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi profesional display (layar/monitor) kini tidak melulu untuk keperluan bisnis dan industri semata.
Samsung lewat produk monitor dan layar canggihnya, Samsung Smart Signage juga menargetkan ranah pendidikan untuk mengganti fungsi papan tulis di sekolah.
Proses belajar mengajar yang biasa dilakukan dengan papan tulis, bisa digantikan dengan layar display yang dapat digambar, dicoret, dihalus atau direkam. Willy Bayu Santosa selaku Head of Samsung Display mengklaim, cara belajar seperti itu bisa lebih interaktif.

Artis Ini Ditangkap karena Salahgunakan Nama Allah dalam Lagunya


REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Asosasi Muslim Malawi (MAM) telah menangkap tiga artis akibat penyalahgunaan nama Allah dan nabi Muhammad dalam salah satu lagu mereka. Nama Allah digunakan dalam sebuah lagu tentang percintaan antara pria dan wanita.
Organisasi muslim terkemuka di Malawi tersebut menyatakan para artis itu harus belajar lebih banyak lagi tentang agamanya. Bahkan MAM tidak ragu untuk menganjurkan ketiga artis masuk sekolah madrasah.

Selasa, 04 Agustus 2015

MTA Kurikulum Luar Biasa untuk Manusia Luar Biasa



Prenduan – Hari Selasa (4/8/2015) merupakan hari pertama kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di MTA (Ma'had Tahfidhil Qur'an Al-Amien) untuk mid semester pertama dimulai dengan apel bulanan, sebuah kegiatan yang merupakan aktivitas rutin dan menjadi sunnah dalam lingkungan pondok pesantren Al-Amien Prenduan.

Dalam apel bulanan ini seluruh santri dan guru-guru pengajar MTA diwajibkan hadir untuk mendengarkan beberapa nasehat dan paparan ataupun motivasi dari para pimpinan yang ada di MTA, mulai dari pengasuh, mudir 'am (Direktur Umum), mudir ma'had (Direktur Pondok), ataupun para kepala sekolah di lembaga pendidikan formal MTA seperti kepala sekolah SMP, SMA dan MA Tahfidh Al-Amien.

KH. Zainullah Rais: “Mengajar Satu Ayat Al-Qur'an Lebih Baik dari Shalat Seratus Raka'at”



Prenduan – Dalam acara Rapat Guru Lengkap (RGL) Ma'had Tahfidhil Qur'an Al-Amien (MTA) yang dilaksanakan kemarin (2/8/2015) KH. Zainullah Rais, Lc. mewakili pimpinan dan pengasuh pondok pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Maktum Jauhari, MA., berkesempatan menyampaikan banyak hal terutama yang berkaitan dengan proses berjalannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas.

Diantara isi pidato yang beliau sampaikan adalah pentingnya guru-guru tahu bahwasanya di dalam mengajar tidak hanya mengandung unsur-unsur pelajaran semata sebagaimana yang tertulis dalam kurikulum melainkan dalam mengajar di situ ada unsur-unsur ibadah, sehingga ketika seorang guru mengajar maka dia tidak hanya sekedar menyampaikan isi buku, melainkan juga ia sedang melakukan kegiatan suci yang bernilai pahala di sisi Allah.

Senin, 03 Agustus 2015

Mamah Dedeh Minta Maaf usai Singgung Kata Autis


Liputan6.com, JakartaDedeh Rosidah, penceramah yang dikenal dengan Mamah Dedeh, sempat dikritik lantaran menggunakan kata ‘autis’ untuk menggambarkan seseorang yang terlalu asyik bermain dengan perangkat ponsel. Hal tersebut terjadi saat Mamah Dedeh menjawab sebuah pertanyaan di program Mamah dan Aa Beraksi yang dibawakannya di Indosiar, pada pertengahan Juli 2015 yang lalu.
"Maaf, saya sekarang lihat banyak orang yang autis gara-gara HP. Ada saudaranya, ada lakinya, ada anaknya, ngariung duduk, cengar-cengir saja sendirian begini, kayak orang gokil," ujar Mamah Dedeh dalam ceramahnya saat itu
Pernyataan Mamah Dedeh tersebut rupanya memicu sejumlah protes para penyandang autisme, terutama di situs jejaring sosial. Menanggapi hal tersebut, Mamah Dedeh akhirnya buka suara. Mamah Dedeh menyampaikan permohonan maafnya melalui media.
"Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sebetulnya sama sekali tidak ada niat di hati saya memperolok-olokkan kata ‘autis’. Kata ‘autis’ yang saya gunakan, sama sekali tidak bermaksud untuk mengganggu seseorang,” ujar Mamah Dedeh, ditemui dikediamannya di Jakarta, Sabtu (1/8) seperti dikutip Kiss Indosiar.
Pendakwah yang terkenal ceplas-ceplos ini pun meminta agar masyarakat tak salah dalam menempatkan kata ‘autis’ dalam bahasa sehari-hari mereka. Hal tersebut dimaksudkan supaya tak menyinggung mereka yang benar-benar menyandang autisme.
"Saya juga setuju agar kata ‘autis’ tidak digunakan untuk candaan sehari-hari,” tambahnya.
Sayangnya, Mamah Dedeh tak membuka kesempatan pada awak media untuk menyampaikan pertanyaan. Ia tak ingin memberikan pernyataan lain, agar tak menambah panjang kisruh yang sudah ada.





Kambing Bertuliskan Muhammad Ini Ditawar Rp 5 Miliar


upi.com JIZAN -Seorang petani di Arab Saudi berani menolak ketika seseorang menawar kambingnya senilai Rp 5 miliar.
Penawaran itu terjadi karena kambing tersebut memiliki tanda lahir yang tidak biasa. Kambing itu memiliki tanda lahir yang bertuliskan Muhammad pada tubuhnya.
Petani ini bernama Mohammed bin Yahya Al Adawi. Ia tinggal di Desa Jizan, sebelah barat daya Arab Saudi yang berbatasan dengan Yaman. Yahya mengatakan bahwa tanda lahir pada kambingnya berupa tulisan Arab yang berarti Muhammad tersebut telah ada sejak lahir.
Yahya mengaku pernah ditawari uang senilai USD 400 ribu atau sekitar Rp 5 miliar untuk kambingnya tersebut. Tetapi, Yahya memutuskan untuk mempertahankan kepemilikannya karena kambing itu dianggap sebagai keajaiban surgawi.
“Banyak orang yang datang untuk melihat dan mereka semua mengagumi tulisan tersebut, ada yang ingin memilikinya, tapi saya ingin terus bersamanya” kata Yahya Al-Adawi seperti dilansir kantor berita UPI.com.
Cerita tentang Al Adawi dan kambingnya tersebut kini telah tersebar luar biasa, terlebih setelah videonya kemudian diunggah ke situs berbagi video YouTube. Dalam video tersebut tampak Al-Adawi tengah menggendong kambing ajaib miliknya tersebut.




Minggu, 02 Agustus 2015

KH. Zainullah Rais Mengisi RGL Perdana MTA Al-Amien Prenduan



Prenduan – Ma'had Tahfidhil Qur'an Al-Amien (MTA) pada hari ini (2/8) mengadakan rapat guru lengkap (RGL) di mushalla Tahfidh Puteri. Pada kumpul RGL ini semua guru baik yang tinggal di dalam perumahan guru di dalam pondok pesantren maupun yang tinggal di luar diwajibkan hadir untuk membecirakan langkah-langkah ke depan selama satu mid semester.

Pelaksanaan rapat RGL ini dilaksanakan pada pagi hari mulai jam 7.30 sampai selesai sekitar jam 10.30 dengan rencana awal diisi dengan pengarahan yang akan disampaikan oleh pimpinan dan pengasuh pondok pesantren Al-Amien Prenduan KH. Maktum Jauhari, MA. Namun pada jam yang telah ditentukan beliau berhalangan hadir karena beberapa hal, sehingga acara dimulai dengan tanpa kehadiran beliau.

Dalam ketidakhadirannya ini posisi beliau digantikan oleh salah seorang anggota Majelis Kiyai AL-Amien yang juga sebagai pengasuh lembaga Tarbiyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (TMI) Al-Amien saat ini, yaitu KH. Zainullah Rais, Lc. yang juga sekaligus beliau sebagai Pengasuh di Ma'had tahfidhil Qur'an Al-Amien yang lama.

Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan dan mengingatkan beberapa hal yang berkaitan kengan kebijakan dan sistem yang berlaku di dalam pondok pesantren Al-Amien Prenduan yang secara umum terkenal dengan sistem aturan mengikat dan berlaku secara menyeluruh tanpa pilah-pilih. Beliau mengingatkan bahwasanya di Al-Amien ini sistemlah yang mengatur jalannya rotasi pergerakan agenda dan kegiatan guru dan santri. Sehingga siapapun yang memegang dan menjadi pimpinan di lembaga Al-Amien, maka tidak akan terjadi banyak perubahan yang berarti.


Beliau mengajak semua elemen untuk ikut aktif memelihara sistem dan aturan-aturan yang ada. Bahkan beliau juga sempat menyampaikan perbandingan bagaimana penegakan aturan yang ada di lembaga yang beliau pimpin saat ini di TMI, bahwasanya siapapun yang melanggar sampai tiga kali maka akan segera dikeluarkan dari pondok dan hak-haknya akan dicabut. Aturan ini berlaku terhadap semua guru yang ada dan aktif di TMI. Beliau berharap Ma'had Tahfidh Al-Qur'an (MTA) juga ikut menerapkannya.

Sabtu, 01 Agustus 2015

Khofifah Berharap Muktamar NU Juga Bahas Fatwa BPJS Haram

TEMPO.CO,Surabaya- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berharap Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Nahdlatul Ulama di Muktamar NU bisa menyisipkan materi tentang Fatwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) haram, yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia. Sebab, biasanya LBM telah menyiapkan materi sebelum menggelar Bahtsul Masail.
"Semoga ada diskusi mendalam tentang ini (fatwa BPJS haram),” kata Khofifah kepada wartawan usai halal bihalal di Yayasan Pendidikan Khadijah di Surabaya, Sabtu, 1 Agustus 2015.
Menurut Khofifah, program BPJS lahir dari undang-undang yang digodok oleh pemerintah dan legislatif. Semua partai politik dan semua fraksi juga telah menyepakati BPJS itu sehingga undang-undang tersebut bisa dijadikan sebuah referensi dalam program ini. “Undang-undang ini mengamanatkan negara untuk melindungi kesehatan rakyat, dan program pemerintah ini sudah sesuai dengan jalurnya,” kata dia.
Bahkan, karena ini fatwa, maka Khofifah mengutip salah satu hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya menjelaskan bahwa pemerintahan yang baik, akan membelanjakan anggaran negara untuk kesejahteraan rakyatnya. Sementara kesejahteraan rakyat itu rata-rata di dunia ini, termasuk Indonesia adalah Indeks Pembangunan Manusia yang terdiri atas kesehatan, pendidikan dan pendapatan per kapita masyarakat. “Kalau manusia tidak sehat, maka tidak akan produktif dan tidak sejahtera," ujarnya.
Sementara BPJS, kata Khofifah, telah melindungi kesehatan rakyat, terutama bagi kalangan menengah ke bawah. Khofifah sangat berharap program pemerintah ini bisa dijadikan salah satu materi Bahtsul Masail di muktamar NU yang baru akan dibuka malam ini.
Khofifah menambahkan, persolan ini harus dikomunikasikan supaya masukannya lebih komperehensif, sehingga dalam waktu dekat pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sebagai leading sektor dan pemegang anggaran, bersama Kementerian Agama bersama-sama akan mengundang berbagai elemen sosial keagamaan, organisasi kemasyarakatan dan kalangan perguruan tinggi untuk membahas fatwa BPJS haram ini. “Pada pertemuan itu diharapkan masukannya lebih komperehensif,” kata dia