Jumat, 31 Juli 2015

Syeikh Isma'il Mengisi Khutbah dan Imam di Masjid Jami' Al-Amien Prenduan


Prenduan – Pada hari ini, Jum'at (31/7), Syeikh Muhammad Isma'il Al-Yamani Al-Makky berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, sebuah pondok pesantren terbesar di Madura yang terletak di desa Pragaan Laok kecamatan Pragaan kabupaten Sumenep Madura.

Hal ini merupakan kunjungan rutin tahunan yang biasa beliau lakukan setiap kali berkunjung ke Indonesia terutama Madura sejak masa pendiri dan pengasuh Al-Amien Prenduan (Alm) KH. Moh. Tidjani Djauhari dan biasa memberi nasihat dan motivasi kepada seluruh santri Al-Amien Prenduan di dalam masjid Jami'.

Pada kesempatan kali ini tidak seperti biasanya, karena para santri ada yang masih berlibur, yaitu santri Ma'had Tahfidh Al-Qur'an Al-Amien Prenduan, beliau memberi wejangan dengan mengisi Khutbah Jum'at di depan santri dan masyarakat sekitar Pondok Pesantren.

Dalam khutbahnya beliau mengingatkan para jama'ah untuk kembali memperkuat peran akal dalam kehidupan. Beliau mengingatkan betapa banyak ayat Al-Qur'an yang menghimbau umatnya untuk menggunakan akal dengan sebaik-baiknya dan bahwasanya akal merupakan tolak ukur yang membedakan manusia dengan makhluk yang lain.

Namun beliau juga mengingatkan bahwasanya akal haruslah diarahkan kepada hal-hal yang baik dan bukan digunakan kepada hal-hal yang bertentangan dengan ajaran agama. Karena akal kita kelak di hari kiamat bisa menjadi “hujjatan lana” (pembela kita di hadapan Allah) atau menjadi “hujjatan 'alaina” (menjadi pendakwa/penjerumus ke dalam api neraka).

Akan menjadi “hujjatan lana” apabila kita benar dalam menggunakan akal dan menjadikannya sebagai sarana untuk menyebarkan kebaikan dan melawan kejahatan. Dan akan menjadi “hujjatan 'alaina” apabila kita terlena oleh akal sehingga bukannya kita yang mengendalikannya melainkan kita terbawa dan terjerumus mengikuti kehendak akal yang tidak sesuai dengan agama.




Kamis, 30 Juli 2015

Ini Alasan MUI Beri Fatwa Haram BPJS Kesehatan



TEMPO.COJakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan keputusan bersama hasil ijtima soal sistem Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). MUI menilai sistem premi hingga pengelolaan dana peserta BPJS Kesehatan tak sesuai fikih.

"MUI berkesimpulan BPJS saat ini tak sesuai syariah karena diduga kuat mengandung gharar atau ketidakjelasan akad, yang memicu potensi mayesir, dan melahirkan riba," kata Wakil Ketua Dewan Pengurus Harian Dewan Syariah Nasional MUI Jaih Mubarok kepadaTempo melalui telepon, Rabu, 29 Juli 2015.

Menurut Jaih, keputusan ini lahir sebulan lalu dalam ijtima ulama Komisi Fatwa MUI di Tegal. Acara itu melahirkan beberapa keputusan dan fatwa baru di berbagai bidang, salah satunya soal BPJS Kesehatan. Jaih turut hadir dalam pembahasan di ijtima.


Menurut Jaih, tiga alasan yang mendorong keluarnya keputusan tersebut antara lain ketidakjelasan status iuran atau premi BPJS. "Kedudukan akadnya atau iuran itu apa? Apa bahasa hukumnya? Apakah termasuk hibah?" kata Jaih.

Sebab, kata Jaih, dalam prinsip syariah harus diatur bagaimana status, kejelasan bentuk, dan jumlah akad atau iuran. Jika tidak, maka BPJS telah melakukan gharar atau penipuan. 


Kedua, menurut Jaih, iuran yang disetorkan para peserta tak jelas kedudukannya. "Setelah disetorkan, apakah itu milik negara, BPJS, atau peserta?" kata dia.

Selanjutnya: prinsip asuransi syariah

Menurut Jaih, dalam prinsip asuransi syariah--untuk menggambarkan kondisi iuran BPJS--iuran adalah hibah kelompok peserta asuransi. Maka, perusahaan asuransi atau BPJS seharusnya berlaku sebagai wakil kolektif. Ketika risiko terjadi, maka perwakilan akan menjadi perpanjangan tangan dari peserta kolektif ke individu.


Berikutnya, MUI mempertanyakan investasi iuran peserta yang dikelola BPJS. MUI khawatir BPJS mengelola iuran tersebut dengan deposito, saham, dan cara lain di bank non-syariah. "Ke sektor yang halal tidak? Potensi riba bisa terjadi kalau ternyata didepositokan ke bank yang memberi bunga," kata Jaih.


MUI mengetok palu keputusan ini menjadi fatwa karena mereka belum mendiskusikan kembali dengan BPJS dan pemerintah. Tim Dewan Syariah Nasional MUI mendorong pemerintah segera memperbaiki penyelenggaraan BPJS Kesehatan sesuai syariah.

Rabu, 29 Juli 2015

Hujan telah membasahi Kabupaten Sumenep.


Pada Rabu pagi sekitar jam 10 jalanan kota Sumenep tidak seperti biasanya diselimuti air yang merata dari pos polisi bagian selatan dari arah Saronggi hingga ke tengah kota Sumenep.
Dengan turunnya hujan ini menandakan bahwasanya kota Sumenep sudah mulai hendak beralih dari musim kemarau ke musim hujan.
Dengan turunnya hujan pada akhir bulan Juli ini juga memberikan tanda pada kita bahwasanya musim hujan tahun ini lebih maju dari kebiasaan tahun-tahun sebelumnya.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya hujan biasanya menunggu agustusan, maka pada tahun ini seolah-olah hujan tidak perlu lagi menunggu hari ulang tahun kemerdekaan RI untuk menyiram masyarakat Sumenep.
Hal ini sangat menggembirakan bagi sebagian masyarakat yang sudah lama menantikan air dan merasa kepanasan selama musim kemarau, namun menjadi kabar kurang baik bagi para petani tembakau yang menghendaki panas hingga akhir panen.





Polisi Sita Puluhan Ribu Dolar di Ruangan Staf Dirjen Daglu Kemendag


Jakarta DetikNews- Tim Satgas Khusus Polda Metro Jaya menggeledah ruangan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Peerdagangan terkait adanya dugaan korupsi dalam dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok. Sejumlah barang bukti disita polisi di situ.
Seorang sumber di kepolisian menyebut, selain dokumen-dokumen, polisi juga menyita uang sebanyak puluhan ribu Dolar AS. "Ada puluhan ribu USD yang ditemukan di ruangan staf Dirjen Daglu," bisik perwira polisi tersebut kepada detikcom, Selasa (28/7/2015) malam.
Penggeledahan ini dipimpin oleh Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Khrisna Murti dan Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Mujiyono serta Kasatgas AKBP Hengki Hidayat yang merupakan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok.
Hadir juga sejumlah Kasubdit Ditreskrimum seperti Kasubdit Jatanras AKBP Herry Heryawan, dan Kasubdit Resmob AKBP Didik Sugiarto serta Kasubdit Fismondev Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Arie Ardian.
Dwelling time adalah waktu berapa lama peti kemas barang impor ditimbun di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) di Pelabuhan Tanjung Priok. Pada proses ini ada tahapan-tahapan birokrasi yang harus dilalui oleh importir yakni pre-clearence, customs clearence dan post clearence.
Pada tahapan pre-clearence, ada 18 instansi terkait, salah satunya Kementerian Perdagangan yang mengeluarkan peraturan terkait importir ini. Proses inilah yang kemudian menghambat dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok.
Lamanya dwelling time ini tidak hanya menghambat keluarnya peti kemas dari Pelabuhan Tanjung Priok hingga sampai ke pasar.
Banyak perusahaan yang merugi karena harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk mengurus dokumen pada tahapan pre-clearence ini karena semakin lama dokumen tidak diurus, semakin lama juga petikemas tertimbun yang mengakibatkan semakin besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh importir.
Penindakan ini merupakan instruksi dari Presiden Jokowi Widodo paska kunjungannya ke Pelabuhan Tanjung Priok pada 17 Juni 2015 lalu. Dalam kunjungannya itu, Jokowi marah besar karena kinerja dwelling time di pelabuhan yang memakan waktu lama. Dilaporkann saat itu, dwelling time memerlukan waktu hingga 5,5 hari.
Hal ini kemudian diselidiki oleh Polres Pelabuhan Tanjung Priok selama beberapa pekan. Dari hasil penyelidikan, ditemukan adanya indikasi sejumlah penyimpangan dalam dwelling time yang mengarah ke tindak pidana korupsi







Selasa, 28 Juli 2015

Heboh...! Sosok Hantu Tertangkap Berada Di Tempat Tidur


Avanoustic.com- Seorang pria asal Yorkshire dibuat kebingungan setelah melihat sosok hantu wanita yang muncul di dekatnya, saat ia tengah asyik menikmati tidur malamnya.
Mark Smith (27), pria asal Rothwell, Leeds, menjelaskan bahwa, penampakan ini terjadi pada akhir Mei lalu ketika ia sedang asyik menikmati waktu istirahat malamnya. Menurut Mark, foto menakutkan ini diambil oleh kekasihnya sekitar pukul 06:30 pagi waktu setempat. Kekasih Mark awalnya ingin menjadikan foto dirinya yang sedang tidur sebagai suatu lelucon. Namun, ketika mereka melihat hasil foto pada kamera ponsel miliknya, sesosokhantuwanita dengan tatapan tajam, terlihat berada di dekat Mark.
"Foto itu diambil sebagai sebuah lelucon pada saat saya tertidur. Namun ketika kami melihat hasilnya, tampaknya ada sosok hantu di sana," kata Mark.
SmithMark dan kekasihnya langsung terkejut dan ketakutan. Mereka sangat bingung karena pada saat foto itu diambil, tidak ada seorang pun yang berada di sana selain mereka berdua. "Foto ini diambil oleh pacar saya pada akhir Mei lalu, sekitar pukul 6:30 pagi hari di Rothwell, Leeds, saat saya sedang tidur. Semua kerabat kami mengatakan itu bukan pacar saya (yang saat itu mengambil foto)," lanjutnya.
Dalam foto tersebut, terlihat jelas bahwa ada sesosok wanita yang tepat berada di depan wajah Mark. Wajah hantu wanitaini tampak memiliki ukuran dua kali lebih besar dari wajah Mark.
Selain itu, jika kita melihat dari teksturnya, hantu wanita ini sangat berbeda jauh dengan kondisi di sekitarnya, khususnya Mark.
Dengan kulit pucat dan transparan, sorotan mata tajam ke arah kamera seperti menunjukkan ekspresi kekesalan. Sosok hantu ini tampaknya seperti mengenakan setelan kemeja. Bahkan, pancaran energi supranatural nya bisa terlihat di sekitar wajahnya. Tentu saja, ini bisa menjadi salah satu penampakan hantu yang paling nyata dan jelas yang pernah ada.
"Kami tidak pernah menemukan hal seperti ini sebelumnya dan itu cukup menakutkan," Lanjut Mark. Mungkin ini menjadi salah satu contoh skenario terburuk ketika entitas hantu muncul di tempat tidur. Dan dalam kasus yang dialami Mark, hantu tersebut tidak melakukan gangguan secara fisik. Meskipun begitu, Mark mengaku bahwa dirinya benar-benar khawatir sampai saat ini. Ia juga sangat yakin jika apa yang telah dia alami itu merupakan salah satu bukti dariaktivitas paranormal.
Mark tidak mengharapkan orang untuk percaya bukti yang telah ia tunjukkan tersebut, karena baginya, satu-satunya alasan mengapa ia percaya adalah karena ia berada di sana.
Selain pihak keluarga dan kerabat dekatnya yang sangat yakin jika itu adalah sosok hantu yang nyata. Beberapa orang yang melihat foto menakutkan ini percaya jika hantu wanita itu mungkin sosok malaikat penjaga Mark. Sedangkan yang lainnya berpendapat bahwa entitas itu bisa jadi penunggu lama dari properti yang Mark tempati saat ini.
"Seperti yang Anda mungkin telah sadari, sosok wanita di tempat tidur terlihat berukuran lebih besar dibandingkan dengan Mark yang sedang tidur. Ini sangat menyeramkan dari cara dia menatap pacar Mark yang mengambil foto itu! Jika saya mengambil foto ini, maka saya akan sangat prihatin," kata Jim Eaton, penulis buku "The Best Of Ghosts Caught On Film".
"Saya pikir itu sangat nyata. Tentu saja kita tidak pernah bisa sepenuhnya mengesampingkan manipulasi foto. Tapi menurut saya, itu tidak terjadi dalam kasus ini." "Apa yang menjadi alasan bagi hantu wanita ini muncul sedemikian rupa? Mungkin saja ia mencoba untuk menakut-nakuti si pacar agar pergi dan tidak mengganggu orang yang sedang tidur."









Senin, 27 Juli 2015

Liburan sekolah berakhir Taman Bunga mulai sepi

Odong-Odong sepi 
Sumenep – Taman Adipura Sumenep atau yang biasa dikenal oleh masyarakat Sumenep sebagai TB atau Taman Bunga pada bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri selalu dipadati oleh pengunjung setiap malamnya. Mereka datang dari berbagai daerah yang ada di Kabupaten Sumenep untuk menghibur diri dan keluarga selama masa-masa liburan sekolah pada bulan Ramadhan.

Tidak seperti sebelum-sebelumnya pada bulan Ramadhan, malam ini (27/7) suasana Taman Baunga sudah berkurang bak dari segi banyaknya jumlah pengunjung maupun jumlah banyaknya pedagang yang menyuguhkan dagangannya di stand-stand yang tersedia di sekitar taman bunga. Bahkan stand-stand yang semula padat pada bulan Ramadhan sekarang sudah banyak tidak dijumpai lagi.

Jika pada bulan Ramadhan aparat kepolisian dari satpol PP selalu standby di dalam posko Taman Bunga, maka pada malam ini jangankan polisinya, poskonya pun sudah tidak kelihatan. Hanya beberapa petugas parkir saja yang nampak berjaga-jaga mengawasi titipan kendaraan para pengunjung yang mulai surut.

Tidak hanya itu hiburan utama Taman Bunga yang paling digemari masyarakat Sumenep, yaitu Odong-odong, pada malam ini tampak mulai sepi pelanggan. Jumlah odong-odong tetap banyak namun pengunjungnya sangat sedikit, sehingga banyak odong-odong yang berhenti dan parkir sambil berharap akan kedatangan anak-anak yang mau naik. Namun anak-anak yang ditunggu sudah mulai masuk sekolah sehingga pada malam hari harus belajar dan tidak bisa memenuhi harapan tukang odong-odong.

Tempat pancing-pancing
Nasib yang sama juga dialami oleh pemilik tampat pancing-pancing. dimana biasanya anak-anak ramai berkunjung untuk memancing, baik memancing ikan beneran yang berupa ikan lele ataupun memancing ikan mainan yang terbuat dari mainan plastik. Pada malam ini terlihat banyak yang kosong dari pelanggan dan sangat tidak seimbang dengan jumlah stand pancing yang tersedia.

Pendaftaran santri baru Al-Amien Prenduan gelombang II dibuka




Prenduan – Mulai hari Senin, 26 Juli 2015, pendaftar santri baru Al-Amien memadati lokasi pendaftaran di pondok pesantren Al-Amien yang terdapat di Pragaan Laok kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Para calon santri baru tersebut banyak yang diantar oleh keluarga dan kerabat dekatnya, terutama yang berasal dari daerah dalam provinsi, meskipun tidak sedikit pula yang datang berasal dari luar Provinsi namun biasanya hanya diantar oleh kedua orang tuanya tanpa berbondong-bondong sebagamana layaknya budaya orang Madura yang apabila memondokkan putranya pasti membawa banyak orang.

Pada pendaftaran kali ini ada sedikit berbeda dari pendaftaran tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan para calon santri baru tidak lagi dibebankan untuk membeli kasur dari rumahnya atau keluar pondok untuk mencari-cari tempat penjual kasur disekitar pondok. Hal ini terjadi disebabkan pihak pondok untuk tahun ini telah menyediakan kasur untuk para santri demi penyeragaman dan menghilangkan kesenjangan ekonomi di kalangan para santri, sebagaimana terjadi pada tahun sebelum-sebelumnya yang menampilkan perbedaan yang mencolok antara kasur bawaan santri golongan kelas atas dengan santri golongan kelas bawah.

Perbedaan yang lain dan membedakan dengan pendaftaran tahun-tahun sebelumnya juga dalam hal iuran bulanan pondok yang sebelumnya hanya seratus ribu, sekarang terjadi penyesuaian menjadi seratus dua lima ribu. Penyesuaian ini diberlakukan mengingat kebutuhan bahan-bahan pokok saat ini terjadi penyesuaian dan sangat berpengaruh terhadap biaya operasional dan perawatan sarana yang ada di pondok pesantren. Adapun pembayaran yang lain-lain tidak mengalami penyesuaian dan masih berlaku sebagaimana bulan-bulan sebelumnya.

Pendaftaran gelombang kedua ini akan berlangsung sampai tanggal 5 Agustus 2015 mendatang. Namun demikian Al-Amien Prenduan yang mengadopsi ajaran pendidikan Timur Tengah dan berlandaskan pada ajaran ulama klassik, tidak pernah menolak kedatangan para pencari ilmu, sehingga walaupun ada yang mendaftar di luar waktu pendaftaran, maka ia akan diterima dikelas khusus sepanjang tahun dengan materi yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing para santri baru tersebut. Dengan sistem pendaftaran seperti ini dharapkan Al-Amien bisa mengakomodir para orang tua yang ingin memasukkan putranya ke pondok pesantren, namun berhalangan pada saat waktu pendaftaran resmi dibuka.


Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan merupakan lembaga pendidikan Islam terbesar di Madura dan santrinya berasal dari seluruh penjuru Nusantara dari pulau Sumatera hingga Papua, bahkan dari negara-negara tetangga seperti Singapore, Malaysia, Thailand dan Tanzania (Afrika), dengan jenjang pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga perguruan tinggi, dan mengadopsi berbagai macam kurukulum, baik kurikulum independen yang diakui dalam maupun luar negeri, dan kurikulum resmi yang bersumber dari dua kementrian negara Kemenag dan Kemendiknas.  

Hilangkan Kerak Pada Motor dengan Biang Gula

Jakarta Detik.com- Kotoran yang berasal dari debu atau jamur yang Anda biarkan lama mengendap pada motor Anda akan menyebabkan timbulnya kerak dan sulit dihilangkan pada motor Anda. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah menggunakan biang gula, berikut tata caranya.

Kanada Teliti Alasan Warganya Masuk Islam


REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Di tengah peningkatan jumlah mualaf, sebuah penelitian di Kanada baru-baru ini mencoba menjawab pertanyaan mengapa orang Kanada memilih Islam? "Kanada adalah negara yang tidak memiliki satu pun artikel jurnal tentang mualaf. Jadi, saya pikir ini kesempatan besar," kata Prof Scott Flower dari University of Melbourne dalam sebuah wawancara dengan Radio CBC Ottawa Morning, dilansir dari onislam.net, Ahad (26/7).

Minggu, 26 Juli 2015

Dinilai Bukan Orang Madura Bila Tidak Setuju Menjadi Propinsi


PortalMadura.Com– Salah satu tokoh nasional, Achsanul Qosasi, melemparkan cuitannya sehubungan dengan ada yang kurang sejalan dengan rencana Madura jadi propinsi.

Smartphone 'James Bond' terbaru dari Sony segera dirilis

Merdeka.com -Tahun 2015 sepertinya menjadi tahun yang cukup sibuk bagi Sony. Pasca merilis dua smartphone unggulan Xperia Z3 dan Xperia Z4, Sony ternyata masih mempunyai kejutan lagi di tahun ini, yakni Xperia Z5.

Mengejutkan, Muncul Sosok Dinosaurus Pada Hasil USG Bayi

Viva News - Kita semua tahu bahwa Dinosaurus adalah binatang prasejarah yang sudah lama punah jutaan tahun lalu. Namun kisah kehidupan dari makhluk legendaris ini masih terus membuat penasaran banyak orang sampai saat ini. Sudah banyak buku – buku sejarah yang membahas kehidupan mereka, dan banyak pula sutradara – suradara handal yang membungkusnya menjadi sebuah hiburan menarik di layar kaca.

Menyaksikan dinosaurus di layar kaca (Televisi) rasanya sudah biasa saja bagi kita, namun bagaimana jadinya jika melihat ada sosok seekor dinosaurus berada dalam perut seorang ibu? Wow tentu menjadi sebuah pemandangan aneh dan sekaligus mengejutkan banyak orang.

Inilah yang terjadi pada seorang calon ibu asal Liverpool, Inggris, bernama Leanne Sullivan (29). Ia awalnya belum menyadari setelah melakukan scan USG di sebuah rumah sakit lokal di Liverpool. Ia baru tahu setelah menunjukkan hasil foto scan kepada salah seorang temannya bernama Jenny Mason.

Pertalite Lebih Irit Daripada Premium, Ini Perbandingannya

JAKARTA jpnn- PT Pertamina terus mempromosikan keunggulan bahan bakar minyak (BBM) varian baru bernama Pertalite. Selain ramah lingkungan karena beroktan 90, Pertalite juga mampu menjaga kualitas mesin.

"Dari spesifikasi tadi, tentu produk ini lebih ramah lingkungan, lebih efisien. Dengan kualitas RON 90, maka mesin kendaraan akan lebih awet. Tarikannya juga lebih enteng," kata Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto di Jakarta, Jumat (24/7).

Sabtu, 25 Juli 2015

Pembeli Pertalite Masih Coba-coba, Pertamax dan Premium Menurun

SURYA.co.id I GRESIK - Sebagian masyarakat Gresik masih coba-coba membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite Jumat (24/7/2015).

"Hanya coba-coba. Biasanya isi Premium," kata Mahmud Nur Afendi (18), warga Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas, usai membeli BBM Pertalite di SPBU 54.611.01, milik Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) Jl Dr Wahidin Sudirohusodo.

Begitu juga Wiwik (29), warga Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas, juga mengaku masih coba-coba membeli BBM Parlite. "Biasanya beli Premium," kata Wiwik, yang juga mengisi BBM di SPBU K3PG.

Memang selisih harga Pertalite dengan Pertamax terpaut Rp 1.000, sedangkan dengan Premium selisih Rp 1.000. Premium dijual Rp 7.400 dan Pertamax Rp 9.400.

Cholib Pengawas Grup SPBU K3PG, mengatakan, mulai diberlakukannya Pertalite pembeli Premium dan Pertamax menurun. "Pembeli Pertalite habis 1,079 liter, pembeli Pertamax Mobil dan motor mencapai 3,239 liter dan pembeli Premium 7,346 liter," kata Chotib.

Menurut Chotib, sebelum adanya Pertalite, rata-rata Premium perhari mencapai 9.000 liter dan Pertamax perhari rata-rata Rp 4.000 liter.

"Penjualan Pertalite baru mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB," katanya.

Mengapa ISIS punya banyak nama?

KOMPAS.com- Setelah merebut sebagian besar wilayah Suriah dan Irak pada 2014, kelompok yang menamakan diri sebagai Negara Islam atau ISIS menjadi salah satu kelompok jihad paling brutal di dunia.

Mereka mengaku bertanggung jawab atas banyak serangan, termasuk insiden penembakan di tempat wisata pantai Tunisia yang menewaskan 30 turis asal Inggris.

Anna Collinson dari BBC Newsbeat menjelaskan mengapa terjadi perdebatan tentang nama yang pantas disandang oleh kelompok militan itu. Kelompok yang mengklaim dirinya sebagai Negara Islam ini diketahui memiliki nama-nama berbeda seperti ISIS, Daesh, dan ISIL.

Negara Islam? Kelompok ekstrimis ini ingin dipanggil sebagai Negara Islam, namun kenyataannya tidak ada pihak yang mengakui bahwa mereka Islam ataupun sebuah negara.

Perdana Menteri David Cameron mengatakan, "Mereka bukan Negara Islam (yang sesungguhnya), mereka memutarbalikan Islam."

Karena itu, Anda mungkin mendengar banyak pihak menggunakan istilah seperti "kelompok yang menamakan diri mereka sebagai Negara Islam" atau "Kelompok Negara Islam." Penggunaan kata "Negara Islam" saja menyiratkan bahwa penyebutan itu telah diakui.

ISIL

Istilah lain yang banyak dipakai (dan cukup populer di Indonesia) adalah ISIS, kepanjangan dariIslamic State of Iraq and Syria. Di Amerika yang menyebut mereka sebagai ISIL atauIslamic State of Iraq and Levant. Levant mengacu pada sebutan historis dari sebuah daerah di Suriah yang oleh banyak pihak dianggap lebih tepat digunakan dibanding kata Suriah.

DAESH

Di negara seperti Perancis dan Australia, mereka menyebut kelompok ini dengan istilah Daesh, sebuah akronim Arab yang jika diterjemahkan berarti ISIS.

Kata Daesh juga mirip dengan sebuah kata Arab yang berarti seseorang yang meremukkan atau menginjak-injak. Ini adalah istilah yang ISIS tidak mau dilekatkan kepadanya.

Seperti penggunaan kata "Negara Islam", penggunaan kata "khalifah" ketika berbicara mengenai ISIS juga dikritik, karena hal ini menyiratkan bahwa itu adalah hal yang resmi dan telah diakui.

Kekhalifahan terakhir yang secara luas diakui, dikenal sebagai Ottoman, dan telah dihapuskan sekitar 90 tahun yang lalu.

Mendikbud: Kepsek akan Kena Sanksi Jika Ada Kekerasan Saat MOSPD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengaku telah meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memastikan tidak terjadinya tindakan kekerasan dalam kegiatan Masa Orientas Sekolah Peserta Didik (MOSPD).

Menurutnya, Disdik setempat harus memperketat pengawasan pada kegiatan itu. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini juga menegaskan agar para Disdik bisa memberikan sanksi apabila terjadi kekerasan pada kegiatan MOS.

"Dinas pendidikan jangan ragu untuk memberikan sanksi kepada kepala sekolah," ujar Anies di Jakarta, Jumat (24/7).

Pada hakikatnya, Anies menegaskan, MOS itu merupakan masa penunjukkan rencana belajar. Para siswa angkatan pertama, kata dia, diharapkan bisa mengetahui kondisi sekolah yang dipilihnya. Selain itu, lanjut dia, mereka akan mengetahui segala hal yang akan dilakukannya selama proses pembelajaran di sekolahnya. "MOS itu bukan pemuasan keinginan senior," katanya.

Menurutnya, segala pelaksanaan MOSPD telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 55 Tahun 2014. Pada pasal 2, ia menerangkan, kegiatan MOS memang harus mengenalkan program sekolah dan lingkungan sekolah.

Kemudian, kata dia, para siswa akan diperkenalkan cara belajar dan penanaman konsep pengenalan diri peserta didik. Pada kesempatan yang sama, Anies menegaskan, kegiatan MOS juga harus terhindar dari pungutan-pungutan yang tidak jelas. Menurutnya, hal ini juga telah diatur pada Permendikbud tersebut.

5 Cara Smartphone 'Hancurkan' Otak Anak Otak rusak akibat smartphone.


Teknologi modern seperti televisi dan komputer, memang telah memberikan keuntungan terutama dalam dunia pendidikan. Keduanya akan memberikan akses yang lebih besar kepada informasi, dan presentasi yang lebih menarik.

Tetapi setelah kemunculan gadget, terutama smartphone semuanya berubah. Televisi dan komputer kini mulai ditinggalkan, dan banyak anak-anak yang memulai belajar dan mencari informasi dari smartphone yang selalu digenggamnya.

Namun tentunya, setiap teknologi selain memberikan manfaat, juga memberikan dampak yang buruk, jika tidak diikuti dengan pengawasan dari orangtua. Apalagi anak-anak dapat dengan mudah terhubung ke internet, yang bisa mencari informasi apapun juga tanpa batas.

Gadget terutama smartphone juga menyajikan berbagai macam masalah, yang dapat mengganggu kemampuan dan kesehatan anak-anak secara keseluruhan.

Apa saja itu? Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut:

1. Menghabiskan waktu di layar yang panjang dapat menyebabkan Emotional Quotient (EQ) rendah pada anak-anak

Hal ini sangat berbahaya, terutama selama tiga tahun pertama dalam kehidupan seorang anak. Asosiasi dokter anak di Amerika tidak merekomendasikan kepada anak sebelum usia dua tahun, untuk menggenggam smartphone, termasuk menonton televisi secara teratur.

Anak akan mengalami kesulitan berkomunikasi dalam kehidupan nyata, jika mereka sering menatap layar. Mereka akan lebih fokus kepada layar terutama smartphone, daripada memperhatikan satu sama lain.

2. Kesulitan berbicara Anak-anak di bawah umur 2 tahun, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tidak mempu memahami apa yang ada di layar. AAP mengatakan bahwa, balita di bawah usia dua tidak memiliki kemampuan kognitif untuk memahami apa yang tertera di dalam layar. Sehingga mereka akan mengalami kesulitan untuk berbicara, terutama antara orang tua dan anak.

Survei yang dilakukan oleh Common Sense Media mengungkapkan bahwa, 38 persen dari anak-anak di bawah 2 tahun telah menggunakan gadget seperti smartphone atau tablet, bahkan sebelum mereka bisa berbicara atau berjalan.

3. Kurang aktif bermain

Saat ini anak-anak di bawah usia 12 menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar, daripada bermain di luar. John Ratey, seorang dokter di Harvard, menjelaskan dalam bukunya, bahwa keuntungan dari bermain di luar membuat anak menjadi sehat secara fisik dan nyaman secara sosial. Bahkan 10 menit aktivitas fisik, dapat mengubah cara dan fungsi otak.

4. Kesehatan berkurang

Penggunaan terus-menerus dari gadget berteknologi tinggi, dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi anak dan orangtua. Layar back-lit yang digunakan untuk komputer dan smartphone juga dapat menyebabkan masalah mata.

Apalagi saat berjalan sambil mendengarkan musik yang menggelegar langsung ke telinga, menyebabkan sakit kepala dan kesulitan pendengaran. Bahkan sosial media bisa membuat anak-anak mudah stres.

5. Anak-anak menderita penyakit mental

Proyek PEACH, yang dilakukan kepada lebih dari 1.000 anak-anak antara usia 10 dan 11 tahun, menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih dari dua jam di depan layar smartphone akan menderita kesulitan psikologis. Ini termasuk depresi, kecemasan, kurangnya perhatian dan perilaku anak sering bermasalah.

Anak-anak harus berinteraksi dengan orangtua atau pengasuh dari sebagian besar waktu mereka. Anak-anak dirancang untuk belajar berinteraksi dengan manusia lainnya, daripada belajar dari layar.

Ketika anak Anda menatap layar, keterampilan verbal mereka, pengembangan emosional, dan perhatian dapat berkurang secara tajam. Oleh karena itu, metode tradisional dalam belajar harus selalu dilaksanakan.